Irjen Pol Fadil Imran Jabat Kapolda Metro

Irjen Pol Fadil Imran Jabat Kapolda Metro
Irjen Pol Fadil Imran

SURABAYA, SENAYANPOST.com - Kapolri Idham Azis lewat Asisten Sumber Daya Manusia ( As SDM), mengeluarkan telegram mutasi jabatan di tubuh organisasi Polri. 

Berdasarkan Surat Telegram ST/3222/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November 2020 Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran dirotasi menjadi Kapolda Metro Jaya. Fadil menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya.

Sementara untuk jabatan Kapolda Jatim diisi Irjen Pol Dr Nico Afinta yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan. 

Irjen pol Nico merupakan jenderal kelahiran asli Surabaya 49 tahun silam, tepatnya pada 30 April 1971. Dia juga merupakan lulusan dari SMAN 2 Surabaya. Lulusan Akpol 1992 ini berpengalaman di bidang reserse. 

Pada tahun 2019 jenderal bintang dua ini menjabat sebagai staf ahli sosial politik Kapolri. Sementara sosok M Fadil Imran resmi menjabat Kapolda Jatim sejak 1 Mei 2020. Selama enam bulan lebih bertugas, Fadil berhasil membantu menurunkan angka penyebaran virus korona di Jatim bersama Forkopimda Jatim.

Alumnus Akpol 1991 itu juga sukses membentuk Kampung Tangguh Semeru di seluruh wilayah Jatim. Pembentukan Kampung Tangguh Semeru itu sebagai upaya melawan penyebaran virus korona dari lingkup terkecil desa.

Program tersebut mendapat apresiasi dari pimpinan Polri. Selanjutnya diadopsi secara nasional menjadi Kampung Tangguh Nusantara karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal persebaran Covid-19. 

"Iya (ada mutasi jabatan Kapolda)," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (16/11/2020).

Pamen dengan tiga melati dipundak menyatakan, rotasi jabatan menjadi hal lumrah di organiasi kepolisian.

"Semua adalah kebutuhan organisasi dan penyegaran personel untuk meningkatkan sumber daya manusia dan peningkatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," sambungnya.

Selain itu, ada dua Kapolres di Jatim dirotasi. Dalam putusan telegram Kapolri, Kapolres Lamongan, AKBP Harun diangkat sebagai Kapolres Bogor. 

Jabatan Kapolres Lamongan diisi AKBP Miko Indrayana yang sebelumnya Kapolres Kediri Kota. Sementara Kapolres Kediri Kota diisi oleh AKBP Eko Prasetyo sebelumnya Koorspripim Polda Jatim.