Lintas Daerah

Iriawan Usulkan Langkah-langkah Revitalisasi Sungai Ciliwung

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan, mengusulkan tiga langkah untuk merevitalisasi Sungai Ciliwung yang dilakukan melalui pengelolaan sumber daya air.

Yang pertama, integrasi kegiatan revitalisasi dari hulu hingga hilir. Kemudian, penanganan secara struktural dan nonstruktural, dan melalui koordinasi lintas sektor dan integrasi aspek kelembagaan dan sosial budaya.

“Kita harus integrasi kegiatan dari hulu sampai hilir. Kita tidak bisa berdiri sendiri, dari hulu hingga hilir berkesinambungan untuk pengelolaan sumber daya air yang ada,” kata Iriawan dalam siaran persnya di Bandung, Kamis (26/7/2018).

Selain tiga hal tersebut, Iriawan juga mengusulkan sosialisasi, pengawasan, dan penertiban bangunan liar seperti villa di daerah hulu di Kabupaten Bogor.

“Ini harus menjadi perhatian kita bersama, bagaimana pemilik-pemilik villa yang memang tidak pada tempatnya mendirikan villa, harus sadar bahwa mereka menyumbangkan kesalahannya kepada masyarakat, sehingga terjadi permasalahan yang ada di Jakarta maupun yang ada di sekitarnya,” kata Iriawan.

“Harus ada sanksi sosial, pemilik villa diumumkan terus, baik di media, media sosial kemudian di TV dan lain sebagainya,” usulnya. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close