Iriana Jarang Dampingi Jokowi, Ini Penjelasan Istana

Iriana Jarang Dampingi Jokowi, Ini Penjelasan Istana
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana memberikan pesan khusus di Hari Anak Nasional 2020. (Tangkapan layar Twitter Presiden Jokowi)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pihak Istana memberikan menjelaskan perihal Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang belakangan tampak jarang muncul di depan publik. 

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjawab pertanyaan media soal kabar Iriana yang jarang tampil mendampingi Presiden di acara resmi. 

"Bukannya jarang mendampingi (Presiden). Tapi memang selama ini acara Bapak Presiden tidak perlu didampingi Ibu Negara. Jadi tidak ada alasan khusus," ucap Bey dilansir Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Bey menuturkan, Iriana sebenarnya tetap hadir mendampingi Jokowi di sejumlah acara. Misalnya, saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada Agustus 2020 di Istana Merdeka. 
Kemudian juga mendampingi Jokowi saat menerima Perdana Menteri Jepang di Istana Bogor pada Oktober 2020. 

"Ibu Negara juga sering hadir di acara virtual yang diselenggarakan bekerja sama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)," tambah Bey. 

Sebagaimana diketahui, saat vaksinasi perdana Covid-19 pada 13 Januari 2020 lalu, Ibu Negara Iriana juga tidak tampak mendampingi Presiden Jokowi saat menerima suntikan vaksin. 

Anggota keluarga yang lain seperti ketiga anak maupun menantunya juga tidak mendampingi. Saat itu, Jokowi merupakan satu-satunya dari anggota keluarganya yang disuntik vaksin Covid-19.