Internasional

Iran Ancam Ratakan Tel Aviv Jika Israel Menyerang

TEHERAN, SENAYANPOST.com – Peringatan keras dilancarkan Iran kepada Israel. Iran memperingatkan Israel untuk tidak memprovokasi Teheran, jika macam-macam, Teheran sesumbar akan meratakan Tel Aviv dengan tanah.

Peringatan ini muncul sehari setelah Perdana Menteri Israel mengeluarkan peringatan serupa ke Teheran.

“Jika Anda memberikan alasan untuk Iran, Tel Aviv dan Haifa akan diratakan dengan tanah,” katanya seperti dikutip dari ABC News, Kamis (12/4).

Pada upacara peringatan Holocaust hari Rabu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan Iran untuk tidak “menguji tekad Israel.”

Iran telah berulang kali memprediksi kehancuran Israel, dan mendukung kelompok-kelompok bersenjata yang berjanji untuk menghancurkannya.

Netanyahu mengatakan Israel tidak akan mentoleransi kehadiran militer Iran di Suriah, khususnya di sepanjang perbatasan. Iran telah mengirim pasukan dan sekutu milisi untuk mendukung pasukan Presiden Suriah Bashar Assad.

Israel menganggap Iran sebagai ancaman bagi kawasan terutama mengkritik kesepakatan nuklir Iran (JCPOA) dan mengecam keputusan untuk mencabut sanksi terhadap Iran dalam kesepakatan itu.

Februari terjadi eskalasi besar dalam konflik antara Israel dan Iran di Suriah. Militer Israel mengatakan helikopternya telah mencegat serangan pesawat tak berawak Iran yang diluncurkan dari Suriah dan Angkatan Udara Israel (IAF) telah menyerang apa yang disebut sebagai target Iran di Suriah.

Sistem pertahanan udara Suriah menanggapi dengan menembak jatuh jet tempur F-16 Israel.

Jet-jet Israel kemudian menyerang sejumlah sasaran di Suriah, termasuk sistem pertahanan udara Suriah dan apa yang digambarkan Israel sebagai fasilitas militer Iran, kata Pasukan Pertahanan (IDF) negara itu. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close