Politik

Internal PAN Terpecah, Omongan Amien Rais Dimentahkan para Elite

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Elite PAN mementahkan omongan Amien Rais yang menyebut PAN tidak mungkin mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Hal ini menunjukkan dinamika di elite internal PAN masih terbelah.

Di satu sisi, ada keinginan agar PAN bisa segera bergabung mendukung kembali Prabowo Subianto. Namun, masih ada juga opsi agar PAN tetap memihak pemerintah.

Perbedaan pendapat itu akan dituntaskan dan diambil keputusan melalui forum rapat kerja nasional (rakernas) PAN.

’’Mudah-mudahan, dalam waktu dekat melalui mekanisme rakernas,” ujar Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Senin (23/4/2018).

Menurut Eddy, rakernas adalah forum tertinggi partai di bawah kongres. Seluruh perwakilan PAN di daerah berkesempatan menyampaikan aspirasi dan masukan terkait dengan posisi PAN di pilpres.

Termasuk kepastian hasil rakernas PAN tahun lalu yang mengusung Zulkifli sebagai capres. Eddy memastikan rakernas PAN akan menjawab semua.

’’Kesepakatan yang kami cari adalah kesepakatan bulat dan bukan lonjong. Apa yang diputuskan diperkirakan aklamasi,’’ ujarnya.

Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan menilai bahwa dinamika elite internal PAN adalah hal yang wajar. Menurut dia, sebelum ada keputusan organisasi, siapa pun elite atau kader PAN bebas menyampaikan pandangan.

’’Sebelum adanya keputusan dari rakernas, banyaknya pendapat merupakan hal yang sah-sah saja. Tapi, pada saat rakernas, harus dijadikan komitmen bersama,’’ tutur wakil ketua DPR tersebut.

Menurut Taufik, sampai saat ini baru ada satu hal yang pasti. Yakni, keputusan Rakernas PAN 2017 yang mengusung Zulkifli selaku Ketum PAN sebagai capres. Keputusan itu tentu bakal ditindaklanjuti dalam Rakernas PAN 2018 beserta dinamika yang ada. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close