Politik

Insiden #2019GantiPresiden, Bawaslu akan Awasi Car Free Day

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Pengawas Pemilu langsung merespons insiden dugaan intimidasi oleh beberapa orang yang memakai kaus #2019GantiPresiden di acara Car Free Day Sudriman-Thamrin, Minggu (29/4).

Agar tak terulang, Bawaslu telah menginstruksikan pada Bawaslu provinsi dan kabupaten kota untuk mengawasi pelaksanaan car free day. Sehingga car free day kembali menjadi sarana olahraga dan sosialisasi sekaligus memastikan tidak lagi disalahgunakan jadi ajang politisasi.

“Kami meminta dan menginstruksikan kepada Bawaslu provinsi dan Bawaslu kabupaten kota untuk mengawasi pelaksanaan car free day dan bekerjasama dengan pemerintahan daerah setempat,” kata Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja di Jakarta, Senin (30/4).

Ia berharap pelaksanaan car free day bisa sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan peraturan gubernur yang berlaku.

“Mengharapkan kerjasama dengan pemerintah provinsi pemerintah kabupaten kota, sehingga dapat mengembalikan lagi ruh car free day sebagai arena ajang kebersamaan masyarakat dan juga untuk melakukan kegiatan olahraga dan bersosialisasi,” ujar Bagja.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial Yuotube menunjukkan beberapa orang yang memakai kaus #2019GantiPresiden di acara Car Free Day Sudriman-Thamrin, Minggu 29 April 2018 pagi diduga mengintimidasi orang yang menggunakan kaus bertuliskan #DiaSibukKerja.

Dalam video berdurasi 2 menit 26 detik itu mereka yang memakai kaus #2019GantiPresiden nampak sempat menyoraki mereka yang memakai kaus #DiaSibukKerja. Mereka pun juga sempat menyawer dengan cara memberikan uang kepada mereka yang memakai kaus #DiaSibukKerja sambil bertanya ‘Dibayar berapa sih?’

Kemudian, ada pula seorang perempuan dengan kaus #DiaSibukKerja diduga juga dapat intimidasi. Dalam video tersebut, sang wanita membawa anaknya dan diduga mendapat intimidasi. Bahkan, hingga sang anak wanita tersebut menangis.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close