Inilah Sosok Ulama yang Berhasil Tuntun Mike Tyson Mengenal Islam

Inilah Sosok Ulama yang Berhasil Tuntun Mike Tyson Mengenal Islam
Mike Tyson | Indosport.com

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dalam perjalanan hidupnya, petinju legendaris Mike Tyson memutuskan untuk berpindah agama. Dia mengambil keputusan besar dengan memeluk agama Islam pada 1990-an.  

Kisah itu diawali saat dia masuk penjara lantaran kasus pemerkosaan terhadap aktris cantik bernama Desiree Washington. 

Tiga tahun mendekam di balik jeruji besi, mantan juara dunia tinju kelas berat itu akhirnya bebas, Dan, saat keluar dari penjara dia langsung mengumumkan dirinya sudah menjadi seorang mualaf dengan memeluk agama Islam.

Dia juga memperkenalkan nama barunya yang lebih bernuansa Islami, yakni Malik Abdul Aziz. Meski diumumkan setelah dia bebas dari penjara, Tyson membantah kalau dirinya menjadi mualaf saat berada di balik jeruji besi. Pria kelahiran 30 Juni 1966 itu mengaku sudah memeluk Islam sebelum masuk penjara. 

Perjalanan ritual Tyson tak lepas dari peran sejumlah pihak. Namun, ada satu nama yang paling berperan menjadikan sang petinju seorang mualaf dan mengenal Islam. Dia adalah Muhammad Siddeeq.

Baca Juga

Sebagaimana diwartakan Fox News, Siddeeq merupakan ulama Nation of Islam (organisasi Muslim kulit hitam di Amerika Serikat). Di bawah bimbingan Siddeeq, Tyson mengucapkan dua kalimat syahadat.

Usai memeluk Islam, Tyson mengaku lebih tenang dan sabar dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kehidupannya terasa berbeda dari sebelum menjadi seorang mualaf yang sangat erat dengan sisi negatif.

Tyson bukan satu-satunya petinju yang memeluk agama Islam dan memutuskan menjadi mualaf. Sebelumnya, sudah ada Muhammad Ali yang juga melakukan langkah tersebut. Dia juga mengubah namanya dari Cassius Marcellus Clay Jr menjadi Muhammad Ali.