Internasional

Ini Upaya Saudi Berantas Terorisme

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Arab Saudi telah memiliki sejumlah langkah untuk meredam perkembangan kelompok teror di dalam negeri mereka. Saudi adalah salah satu negara di Timur Tengah yang bisa terbilang jarang menjadi korban terorisme.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah as-Shuaibi menyatakan ada tiga langkah yang diambil Saudi untuk memberangus kelompok terorisme, sehingga mereka tidak bisa berkembang dan melakukan aksinya di dalam negeri.

“Yang pertama yang dilakukan Saudi adalah, seperti yang dilakukan teroris, melalui media sosial. Karena sosial media kerap digunakan teroris untuk menyebarkan pengaruhnya, jadi yang pertama kita perangi adalah keberadaan mereka di media sosial,” kata Osama di Jakarta semalam.

Osama kemudian menyatakan, langkah berikutnya adalah dengan melakukan deradikalisasi mereka yang dianggap memiliki paham radikal. Sedangkan yang ketiga adalah dengan “membunuh” sel-sel teroris yang masih tertidur.

“Kedua adalah merehabilitasi orang-orang yang memiliki paham-paham radikal. Memberikan pemahaman yang benar tentang agama Islam, dengan mendekatkan mereka kepada ulama-ulama yang pandanganya benar,” ucapnya.

“Begitu juga dengan melakukan penangkapan terhadap sel-sel teroris yang masih tertidur sebelum mereka bangun, sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk bisa berkembang kembali,” ujar Osama. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close