Internasional

Ini Sosok Penasihat Keamanan Trump yang Buat Dunia ‘Cemas’

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk John Bolton sebagai Penasihat Keamanan menggantikan Jenderal HR McMaster yang dicopotnya. Penunjukan Bolton memicu kekhawatiran akan terjadinya perang dikarenakan sikap kerasnya pada Korut dan Iran.

“John Bolton merupakan ancaman keamanan nasional,” cetus Colin Kahl dan Jon Wolfsthal, bekas penasihat senior Presiden Barrack Obama dalam komentarnya pada majalah Foreign Policy.

Penunjukan John Bolton sebagai Penasihat Keamanan Nasional AS memicu kekhawatiran akan terjadinya perang. Seperti apa sosok pria berumur 69 tahun itu?

Bolton merupakan sosok yang mendukung invasi AS ke Irak tahun 2003, yang akhirnya terungkap didasari informasi intelijen palsu dan berlebihan soal keberadaan senjata pemusnah massal.

Bolton yang pernah disebut Korea Utara (Korut) sebagai ‘manusia sampah’ ini, pernah menjabat Duta Besar AS untuk PBB pada era Presiden George W Bush. Sebelum itu, dia menjabat Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Pengendalian Senjata dan Urusan Keamanan Internasional, juga di era Bush.

Bolton juga diketahui sejak lama mendukung perubahan rezim di Korut. Bahkan beberapa waktu lalu, dia menyarankan pemerintah AS untuk mengambil opsi serangan militer terhadap Korut.

Untuk isu Iran, Bolton menyebut kesepakatan nuklir yang tercapai pada era Presiden Barack Obama sebagai ‘kesalahan besar’ dan ‘perlu untuk dicabut’. Sedangkan menyikapi Rusia, Bolton pernah menyerukan langkah penangkalan yang efektif untuk melawan perang siber yang dilakukan pemerintahan Vladimir Putin.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close