Nasional

Ini Sosok Pemimpin Panutan Jokowi

BANDUNG, SENAYANPOST.com –
Presiden Jokowi mendapat pertanyaan tak biasa saat bertemu dengan milenial kreatif dan inovator asal Bandung. Jokowi ditanya soal sosok pemimpin panutannya.

Pertanyaan itu datang dari pendiri perusahaan startup asal Bandung GeekHunter, Ken Ratri Iswari dalam acara Bandung Creative City Forum di Simpul Space, Jalan Braga, Bandung, Sabtu (10/11/2018).

“Bapak adalah panutanku. Tapi saya ingin tahu, siapa sosok pemimpin panutan Bapak?” tanya Ken.

Mendengar pertanyaan itu, Jokowi sempat menganggapnya pertanyaan sulit.

“Ini pertanyaannya bukan industri kreatif, bukan digital ekonomi. Nggak usah dijawab aja menurut saya. Nanti tak bisikan sendiri,” katanya tersenyum.

Namun, Jokowi akhirnya menjawab pertanyaan yang diajukan. “Apa ya jawabannya? Sebetulnya, sudah sering saya sampaikan, Bung Karno,” jawab Jokowi singkat.

Dalam kegiatan ini Jokowi mengingatkan pentingnya ekonomi kreatif dan ekonomi digital. Kedua hal itu selalu dibahas dalam setiap konferensi internasional yang dia hadiri.

“Artinya apa? Semua negara memang sudah siap-siap merespons revolusi industri 4.0. Dan setelah saya melihat di markasnya Facebook, Google, markasnya Twitter, markas Plug and Play di Silicon Valley benar-benar saya merasa bahwa kita harus merespons secara cepat perubahan-perubahan yang ada di dunia ini,” katanya.

Dia mengatakan, perubahan global itu sangat cepat sekali. Menurutnya, yang bisa menanggapi perubahan global itu adalah generasi muda.

“Yang bisa merespons ini sangat cepat adalah saudara-saudara semuanya. Kalau saya lama-lama muncul nggak kuat. Belajar satu muncul yang satu,” katanya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close