Ini Prioritas Vaksinasi versi Jokowi

Ini Prioritas Vaksinasi versi Jokowi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat akan menjadi prioritas untuk mendapat vaksin Covid-19 yang akan dilakukan pada akhir tahun 2020 atau awal 2021. 

"Yang akan divaksin pertama adalah nanti tenaga kesehatan, baik itu dokter, para dokter para perawat dan juga tenaga medis, paramedis yang ada, itu yang diberikan prioritas" kata Presiden Jokowi saat berkunjung ke Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, dipantau melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/11/2020). 

Jokowi menambahkan, selain itu TNI dan Polri juga akan diprioritaskan dalam proses vaksinasi. Setelahnya, vaksinasi akan berlanjut ke aparatur sipil negara (ASN) yang berada di garis depan pelayananan publik seperti guru. 

"Plus TNI dan Polri, kemudian nanti baru ASN untuk pelayan-pelayan publik yang ada di depan, guru, dan kemudian tentu saja kita semuanya," ujarnya.

Jokowi pun mengaku, dirinya siap divaksinasi paling awal jika diminta oleh tim. 

"Kalau ada yang bertanya presiden nanti di depan atau di belakang? Kalau oleh, kalau oleh tim diminta saya yang paling depan, saya siap," kata dia. 

Menurut Jokowi, vaksin diperkirakan datang ke Indonesia pada November atau Desember 2020, baik dalam bentuk vaksin jadi maupun bahan baku yang nantinya diolah di Biofarma. 

Jokowi memastikan, vaksin yang akan digunakan masuk ke dalam daftar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). (Jo)