Internasional

Ini Prioritas RI Setelah Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Indonesia setidaknya memiliki tiga prioritas utama, setelah terpilih sebagai anggota Dewan HAM di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). RI menjadi anggota Dewan HAM PBB setelah mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan di Majelis Umum PBB, semalam.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menuturkan prioritas pertama Indonesia adalah akan terus konsisten dalam mendorong pemajuan dan perlindungan HAM baik di kawasan, maupun tingkat global.

“Indonesia akan terus meningkatkan kapasitas negara-negara dalam penghormatan, pemajuan, dan perlindungan HAM melalui kerja sama internasional,” ucapnya.

Prioritas ketiga Indonesia, papar Retno, adalah memperkuat kemitraan yang sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan, tidak kalah pentingnya memperkuat kinerja pembangunan HAM di dalam negeri, melalui rencana aksi nasional di bidang HAM untuk periode 2020-2024.

Dia kemudian mengatakan, sebagai anggota Dewan HAM, Indonesia memiliki kesempatan lebih besar untuk memperjuangkan kepentingan nasional secara lebih maksimal.

“Indonesia juga mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendorong Dewan HAM PBB agar lebih efektif dan efisien, objektif, transparan, adil, dan non-politis, serta imparsial dan membuka dialog dengan seluruh pihak dan berorientasi pada hasil,” ungkapnya.

Sebelumnya diwartakan, Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB, mewakili kawasan Asia Pasifik untuk periode 2020-2022. Indonesia mendapatkan 174 suara, yang disusul Jepang dan Korea Selatan (Korsel) dengan 165 suara.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close