Ini Kecanggihan Pukguksong-3 Korea Utara Berhulu Ledak Nuklir

Ini Kecanggihan Pukguksong-3 Korea Utara Berhulu Ledak Nuklir

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Citra satelit dari galangan kapal Korea Utara pada hari Jumat menunjukkan aktivitas yang menunjukkan persiapan untuk uji coba rudal balistik yang diluncurkan kapal selam jarak menengah, sebuah lembaga pemikir AS, Pusat Studi Strategis dan Internasional atau CSIS, melaporkan pada hari Jumat.

Dikatakan bahwa kegiatan itu “sugestif, tetapi tidak konklusif, dari persiapan untuk uji coba rudal balistik Pukguksong-3 yang akan diluncurkan dari kapal selam.”

Seperti dilaporkan CNBC, Korea Utara mengatakan Oktober lalu telah berhasil melakukan uji tembak Pukguksong-3, rudal balistik baru yang diluncurkan kapal selam (SLBM), dari laut sebagai bagian dari upaya untuk menahan ancaman eksternal dan meningkatkan pertahanan diri.

Pukguksong (“Polaris”) – 3 adalah rudal balistik (SLBM) yang diluncurkan oleh kapal selam Korea Utara dengan perkiraan jangkauan 1.900 km. Setelah menyiratkan adanya program pada tahun 2017, Korea Utara menguji rudal tersebut di dekat Wonsan pada 2 Oktober 2019.

Seperti pendahulunya, seperti dilansir Tempo.co, Pukguksong-1 (KN-11) dan Puguksong-2 (KN-15), Pukguksong-3 adalah rudal balistik dua tahap berbahan bakar padat. Rudal tersebut diperkirakan memiliki panjang 7,8 – 8,3 meter dan diameter 1,4 hingga 1,5 meter.

Pukguksong-3 menggunakan sistem peluncuran dingin di bagian belakangnya. (Jo)