Olimpiade 2020

Ini Jadwal Siaran Langsung Badminton di TVRI dan Indosiar

Ini Jadwal Siaran Langsung Badminton di TVRI dan Indosiar

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bagi Anda penggemar olahraga badminton, Anda harus memiliki jadwal pertandingan canag olahraga (cabor) badminton pada Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar mulai 24 Juli hingga 2 Agustus 2021 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo. 

Rangkaian pertandingan mulai fase grup hingga final dapat disakiksikan melalui siaran langsung TVRI, SCTV, Indosiar, serta live streaming Vidio. 

Cabor badminton pada olimpiade kali ini akan diikuti oleh 173 atlet dengan rincian 87 putra dan 86 putri dari 50 negara berbeda. Indonesia sendiri mengirimkan wakilnya di semua sektor. Total ada 11 atlet yang bakal bertanding 5 sektor berbeda. 

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting akan bertarung di nomor tunggal putra, sedangkan Gregoria Mariska Tunjung tampil di sektor tunggal putri. 

Di nomor ganda putra, kontingen Merah Putih akan diwakili oleh Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 

Sementara itu, nomor ganda putri diwakili oleh pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sedangkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti turun di nomor ganda campuran. 

Pada hari pertama jadwal badminton, Sabtu 24 Juli 2021, akan ada 21 pertandingan dari 5 sektor berbeda. Pertandingan ganda campuran tuan rumah Jepang melawan Denmark akan menjadi pembuka hari pertama. Watanabe Yuta/Higashino Arisa akan menghadapi Christiansen Mathias/Boje Alexandra di Musashino Forest Sports Plaza court 1 pada pukul 07.00 WIB. 

Pasangan Jepang lebih unggul berdasarkan rekor head to head. Tercatat dari 2 pertemuan, Watanabe/Higashino selalu memenangkan pertandingan melawan pasangan Denmark. Bahkan, kedua laga tersebut dapat dimenangkan pasangan Jepang dengan 2 set langsung. 

Selain duel ganda campuran Jepang vs Denmark, akan ada 2 pertandingan lain yang digelar pada jam yang sama. Salah satunya adalah pertarungan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu melawan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dari Malaysia. Duel keduanya akan digelar di court 2 pada pukul 07.00 WIB. 

Dalam hal peringkat dunia, pasangan Indonesia jelas lebih unggul. Greysia/Apriyani berada di peringkat 6 dunia sementara pasangan Malaysia berada di urutan 11. 

Namun, jika menilik rekor head to head, kekuatan kedua pasangan terbilang setimbang. Dari 4 pertemuan terakhir, keduanya sama-sama mampu menang 2 kali. 

Pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian berharap anak asuhnya tampil maksimal di penyisihan grup, temasuk melawan Malaysia nanti. Ia tidak memungkiri bahwa di Grup A, lawan Greysia/Apriyan cukup berat. 

Untuk itu, ia mewanti-wanti pasangan ganda putrinya tersebut untuk tidak lengah menghadapi setiap lawannya. 

"Dengan melihat track record pertemuan terakhir dari ketiga lawan di grup, hanya melawan pasangan Inggris Raya yang masih bagus," kata Eng Hian, dilansir situs resmi PBSI. 


Jadwal Bulu Tangkis Olimpiade 2021 Hari Pertama 

Sabtu, 24 Juli 2021 

Ganda Putri 
07.00 WIB: Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) vs Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia) 

Tunggal Putra 
09.00 WIB: Jonatan Christie (Indonesia) vs Mahmoud Aram (Belanda) 

Ganda Campuran 
09.40 WIB: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) vs Simon Wing Hang Leung/Gronya Somerfille (Australia) 

Ganda Putra 
10.20 WIB: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indoneisa) vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris) 

Ganda Putra 
16.00 WIB: Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia) vs Ho-shue Jason/Yakura Nyl (Kanada) 

Jadwal Lengkap Badminton Olimpiade 2020 

Berikut jadwal cabor badminton di Olimpiade Tokyo 2021. Untuk detail jadwal akan terus diperbarui dan bisa diakses melalui laman resmi Olimpiade Tokyo: 

24-27 Juli 2021 

Babak penyisihan grup seluruh kategori: Tunggal (Putra/Putri), Ganda (Putra/Putri/Campuran). 

28 Juli 2021 

Tunggal Putri (penyisihan grup) Ganda Campuran (perempat final) Tunggal Putra (penyisihan grup) 

29 Juli 2021 

Ganda Campuran (semifinal) Ganda Putra (perempat final) Tunggal Putri (babak 16 besar) Tunggal Putra (babak 16 besar) Ganda Putri (perempat final) 

30 Juli 2021 

Tunggal Putri (perempat final) Ganda Campuran (playoff medali perunggu) Ganda Campuran (final) Tunggal Putri (perempat final) Ganda Putra (semifinal) 

31 Juli 2021 

Tunggal Putra (perempat final) Ganda Putri (semifinal) Tunggal Putri (semifinal) Ganda Putra (playoff medali perunggu) Ganda Putra (final) 

1 Agustus 2021 

Tunggal Putra (semifinal) Tunggal Putri (playoff medali perunggu) Tunggal Putri (final) 

2 Agustus 2021 

Ganda Putri (playoff medali perunggu) Ganda Putri (final) Tunggal Putra (playoff medali perunggu) 
Tunggal Putra (final) 

Live Streaming Badminton Olimpiade Tokyo 2020 

Rangkaian pertandingan cabor badminton Olimpiade Tokyo 2020 dapat ditonton lewat siaran langsung TVRI, SCTV, Indosiar, dan live streaming Vidio mulai Sabtu, 24 Juli hingga 2 Agustus 2021. 

Selain badminton, cabor lain Olimpiade Tokyo juga dapat ditonton melalui Vidio dengan cara berlangganan. 

Beberapa cabor yang dapat disimak adalah angkat besi, bulu tangkis, bola voli, bola basket, sepak bola, renang, panahan, tenis, atletik, dan senam. (Jo)