Sepak Bola

Ini Jadwal Semifinal Piala Dunia 2018

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Piala Dunia 2018 memasuki babak semifinal. Para penikmat sepak bola kini pun menantikan pertandingan seru untuk memperebutkan dua tempat di partai puncak.

Sebelumnya, kejutan terjadi di babak perempat final dengan tersingkirnya Brasil usai kalah dari Belgia. Bagi Selecao, kekalahan dari Belgia membuat mereka selalu disingkirkan oleh wakil Eropa dalam fase gugur di empat edisi Piala Dunia teraktual (2006, 2010, 2014, 2018).

Selain itu, dengan tersingkirnya Uruguay yang dikalahkan oleh Prancis. Maka tidak ada lagi wakil dari Amerika Selatan yang tersisa di Piala Dunia 2018.

Empat tim yang mengisi tempat di semifinal semua adalah wakil dari Eropa, Kroasia, Prancis, Inggris, dan Belgia.

Ada catatan menarikselama babak perempat final. Kroasia, misalnya, mereka menjadi tim kedua setelah Argentina pada 1990 yang berhasil menang dua kali secara beruntun dalam adu penalti pada fase gugur di Piala Dunia (pertama melawan Denmark, teranyar mengalahkan Rusia).

Masih soal Kroasia, keberhasilan mengalahkan Rusia membuat mereka memutus ‘kutukan’ saat menghadapi tim tuan rumah Piala Dunia.

Dalam dua edisi sebelumnya, Kroasia selalu menelan kekalahan. Pertama saat melawan Prancis di semifinal 1998 dan Brasil di fase penyisihan grup 2014.

Sementara itu, Inggris tercatat bakal menjalani semifinal ketiga mereka selama sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia.
Bagaiman dengan Belgia? Skuat besutan Roberto Martinez ini menorehkan catatan impresif karena selalu menang dalam lima laga Piala Dunia 2018, dengan mencetak 14 gol dan hanya kebobolan 5 kali.

Menilik sejarah empat tim ini, tercatat hanya Prancis dan Inggris yang pernah menjadi juara. Kroasia dan Belgia belum pernah merebut predikat kampiun.

Namun, sejarah dan progres yang dimiliki oleh Kroasia dan Belgia tak bisa dipandang sebalah mata. Belgia pernah mencicipi posisi empat pada edisi 1986, sedangkan Kroasia pernah menyandang meraih posisi ketiga pada edisi 1998.

Pertandingan babak semifinal bakal dimulai pada 11-12 Juli 2018 waktu Indonesia.

Dua tim yang bakal lebih dulu beradu adalah Prancis dan Belgia pada Rabu (11/7) pukul 01:00 dini hari WIB. Kemudian, Inggris akan bersua Kroasia pada Kamis (12/7) pukul 01:00 dini hari WIB.

Setelah itu, tim yang kalah di babak semifinal akan saling bertemu untuk sekadar memperebutkan juara ketiga pada 14 Juli, sedangkan pemenang fase ini berhak melaju ke final yang dihelat pada 15 Juli.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close