Internasional

Ini Cara yang Dipakai untuk Selamatkan Remaja Terjebak di Gua Thailand

BANGKOK, SENAYANPOST.com – Misi penyelamatan terhadap anak-anak yang terjebak di Gua Tham Luang di provinsi Chiang Rai, Thailand menuai hasil. Dua kali proses evakuasi yakni Minggu (8/7) dan Senin (7/7) telah berhasil mengeluarkan masing-masing empat anak dari dalam gua yang terendam banjir itu.

Sehingga saat ini sudah ada delapan anak yang berhasil dievakuasi keluar gua. Sisanya, masih ada empat anak lainnya beserta satu orang pelatih mereka yang terjebak di dalam gua.

Sebelumnya, 12 remaja anak laki-laki berusia 11-16 tahun dan seorang pelatih bola berusia 25 tahun telah terjebak di gua tersebut sejak Sabtu (23/6) sore.

Diketahui, mereka berlindung di atas tanggul tinggi dalam gua yang berjarak sekitar 4 kilometer dari pintu masuk utama gua karena air tiba-tiba membanjiri gua yang mereka masuki itu.

Nah, inilah cara yang dipakai tim penyelamat untuk mengeluarkan mereka dari gua

Dikutip dari Business Insider, sebelum evakuasi dilakukan tim penyelamat telah mengajarkan anak-anak itu menyelam dan berenang terlebih dulu.

Selain itu, tim juga telah berusaha memompa sebagian air keluar dari gua untuk mempermudah proses evakuasi.

Untuk proses evakuasi terhadap empat anak pertama, dua penyelam menemani masing-masing satu anak, satu dari samping dan satu dari belakang. Mereka berjalan keluar gua dengan dipandu oleh tali panjang yang telah ditautkan di pintu masuk gua.

Secara total, menurut Reuters, 13 penyelam gua asing dan lima penyelam Angkatan Laut Thailand berpartisipasi dalam penyelamatan di hari Minggu tersebut.

Dalam proses evakuasi, anak-anak ini harus diarahkan untuk melewati jalan-jalan yang terendam banjir yang di beberapa area lebarnya tidak lebih dari 60 sentimeter.

Menurut pemerintah Thailand, ketika mereka mencapai tempat yang tidak bisa memuat seseorang sekaligus dengan tabung oksigennya, maka penyelam akan mengambil tabung anak itu dari punggungnya sambil perlahan-lahan membimbing bocah itu melalui lorong sempit.

Setiap perjalanan dari lokasi tempat ditemukannya anak-anak tersebut hingga sampai ke pintu masuk gua diperkirakan memakan waktu enam jam.

Narongsak Osottanakorn, gubernur Chiang Rai sekaligus kepala misi penyelamatan ini, mengatakan evakuasi telah berjalan lancar.

Kini sisa dari proses evakuasi masih ditunda untuk sementara waktu dan tabung oksigen beserta sistem peralatan lainnya sedang diisi ulang. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close