Nasional

Ini Cara Melihat Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Pengumuman hasil seleksi administrasi pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 telah terlaksana sejak Selasa (16/10/2018) hingga 21 Oktober mendatang.

Pelamar CPNS 2018, menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, dapat mengetahui hasil pengumuman melalui beberapa cara.

Berikut ulasannya:

1. Login ke situs SSCN Pertama, pelamar dapat melakukan login ke situs SSCN secara berkala. Pelamar dapat memantau perkembangan informasi melalui situs resmi dari BKN ini.

Sebagai informasi, ketika untuk masuk ke situs SSCN, pelamar harus memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan password yang telah dibuat ketika melakukan pendaftaran.

Apabila pelamar dinyatakan memenuhi syarat administrasi, nanti akan ada informasi kelolosan. Kemudian, pelamar diminta untuk mencetak kartu peserta yang digunakan untuk mengikuti seleksi kompetensi CAT (computer assisted test).

2. Media sosial atau situs resmi Selain dengan login ke situs SSCN, pelamar disarankan untuk memantau informasi pengumuman dari akun media sosial BKN. Tak hanya itu, pelamar juga dapat memantau media sosial dan situs resmi instansi terkait. Menurut salah satu staf BKN, jika pelamar lolos seleksi administrasi, nantinya akan tetap diarahkan ke situs SSCN untuk mencetak kartu peserta tes.

3. E-mail Pengumuman hasil seleksi administrasi juga disampaikan melalui alamat surat elektronik atau e-mail yang digunakan ketika melakukan pendaftaran di situs SSCN.
Pelamar yang dinyatakan lolos juga akan diarahkan untuk mencetak kartu peserta pada situs SSCN.

Seleksi

Setelah dinyatakan lolos administrasi, pelamar harus bersiap untuk mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

Tes SKD ini terbagi menjadi tiga, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK). Ada pun nilai ambang batasnya yaitu 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK.

Sambil menunggu pengumuman, pelamar dapat mempersiapkan tes tersebut sebaik-baiknya. Seperti diketahui, total pelamar CPNS kali ini tembus lebih dari 4 juta pelamar. Di satu sisi, pemerintah hanya mengalokasikan 238.015 formasi untuk CPNS tahun ini. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close