Ini 12 Polres dapat Predikat Pelayanan Prima, Kapolri: Kapolda Harus Beri Reward

Ini 12 Polres dapat Predikat Pelayanan Prima, Kapolri: Kapolda Harus Beri Reward
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA, SENAYANPOST.com -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan sebanyak 12 Polres mendapatkan predikat A atau pelayanan publik prima sepanjang tahun 2020. 

Dengan capaian ini, Kapolri Listyo Sigit meminta kepada Kapolda yang berwenang untuk memberikan hadiah kepada 12 Polres berpredikat A tersebut.

"Para Kapolda tolong perhatikan, kalau memang ada kewenangan Kapolda yang bisa diberikan untuk memberikan apresiasi atau reward kepada anggota yang di Polres seperti di level kasat," kata Sigit, Selasa (16/2/2021).

Kapolri Listyo Sigit menyampaikan hal itu dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020' di YouTube Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Predikat tersebut diberikan oleh Kemenpan-RB. Dua belas Polres yang mendapatkan predikat A adalah:

1. Polresta Pekanbaru (Riau)
2. Polresta Palembang (Sumsel)
3. Polresta Bandung (Jabar)
4. Polresta Cirebon (Jabar)
5. Polres Malang (Jatim)
6. Polrestabes Surabaya (Jatim)
7. Polresta Sidoarjo (Jatim)
8. Polres Gresik (Jatim)
9. Polres Malang Kota (Jatim)
10. Polres Banyuwangi (Jatim)
11. Polres Kulonprogo (DIY)
12. Polres Sleman (DIY)

Listyo Sigit mengatakan mereka berhak mendapatkan hadiah karena memiliki keinginan untuk berpikir supaya bisa memberikan pelayanan publik yang baik. 

Hal tersebut juga dilakukan untuk memicu anggota yang lain agar memberi pelayanan terbaik.

"Tolong diperhatikan karena mereka mau berpikir atau berkreativitas. Ini juga untuk memacu yang lain untuk melakukan yang sama," kata Listyo Sigit.

Kemudian, ia mengungkapkan bahwa dirinya ingin capaian pelayanan prima tidak hanya dicapai di level Polres. Dia berharap Polda dan Mabes Polri juga bisa melakukan hal yang sama.

"Jadi saya sangat appreciate terhadap upaya dan inovasi yang telah dilakukan. Dan tentunya harapan saya inovasi tersebut tidak berhenti hanya sampai di 12 Polres ini. Tetapi ke depan ini bisa dilakukan secara nasional. Tidak hanya sampai di level Polres, tapi Polda pun juga harus bisa, dan Mabes Polri apalagi," ujarnya.

Sigit mengakhiri dengan membeberkan harapannya mengenai pelayanan kepolisian di mata masyarakat. Sigit ingin semua orang yang mendapatkan layanan kepolisian bisa pulang ke rumah dan mendapat kesan baik.

"Anggota-anggota di sana bisa senyum memberikan pelayanan secara profesional. Masyarakat merasa nyaman sehingga kemudian pada saat mereka pulang dan kembali ke rumah, mereka bisa cerita bahwa pelayanan publik kepolisian kali ini sangat baik. Itu yang jadi pegangan saya," katanya. (Jo)