Inggris Bentuk Unit Penyelidik UFO Usai Ada Laporan dari Pentagon 

Inggris Bentuk Unit Penyelidik UFO Usai Ada Laporan dari Pentagon 

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Inggris kemungkinan bakal meluncurkan kembali unit divisi di Kementerian Pertahanan guna menyelidiki fenomena unidentified flying object (UFO) atau objek terbang tidak dikenal. 

Mengutip seorang sumber, Daily Telegraph yang dikutip rmol pada Sabtu (29/5) mengabarkan peluncuran unit tersebut dapat dilakukan setelah Pentagon merilis laporannya terkait keberadaan UFO pada Juni nanti. 

"Saya pikir jika ada cukup bukti untuk menunjukkan bahwa ada sesuatu dan bahwa kami perlu melakukannya sebaik AS, maka tentu saja kami akan memikirkannya. Kami akan melihatnya. Ada berbagai macam hal-hal yang tidak akan kami singkirkan, dan ini pasti akan menjadi salah satunya," ujar sumber tersebut. 

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Inggris sudah memiliki dan menutup unit divisi untuk menyelidiki UFO pada 2019. 

Mantan kepala unit departemen tersebut pada 1991 hingga 1994, Nick Pope mengatakan, pihaknya memeriksa 12 ribu penampakan UFO, di mana sebanyak 5 persen di antaranya tidak bisa dijelaskan. 

Salah satunya adalah penampakan UFO yang melayang di atas pangkalan udara Woodbridge dan Bentwaters di Inggris. 

Tim menyimpulkan bahwa tingkat radiasi di situs tempat UFO terlihat secara signifikan lebih tinggi daripada rata-rata latar belakang. 

Pope sendiri mengkritik keputusan kementerian untuk menutup unit tersebut pada 2009 karena membuat Inggris terbuka lebar akan adanya serangan teroris.

"Saya meminta Kementerian Pertahanan untuk membuka kembali X-Files kehidupan nyata dan menangani masalah ini sebagaimana seharusnya diperlakukan, sebagai masalah pertahanan dan keamanan nasional yang serius," ujarnya. 

Tahun lalu, AS membentuan satuan tugas khusus untuk mendeteksi dan menganalisis UFO. Itu dilakukan setelah Pentagon mengonfirmasi keaslian tiga video yang menunjukkan pilot AS mengejar suatu benda udara yang tidak dapat dijelaskan