Tak Berkategori

Inggris Akui Ancaman Rusia Lebih Besar dari ISIS

LONDON, SENAYANPOST.com – Rusia akan menjadi ancaman ‘yang besar’ bagi keamanan Inggris. Bahkan ancaman Rusia itu lebih besar dari ISIS.

Penegasan ini disampaikan Kepala Tentara Inggris Jenderal Mark Carleton-Smith, dalam sebuah wawancara dengan Daily Telegraph, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (24/11/2018).

“Inggris tidak bisa lengah dengan ancaman Rusia. Orang-orang Rusia berusaha untuk mengeksploitasi kerentanan dan kelemahan di mana pun mereka mendeteksinya,” kata Jenderal Carleton-Smith.

Inggris menyalahkan Rusia atas kasus keracunan di Salisbury dengan korban mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan beberapa serangan siber.

Pada Oktober, Inggris menuduh layanan intelijen Rusia, GRU, berada di balik serangan siber. Termasuk serangan siber dengan target Partai Demokrat AS dan jaringan TV kecil di Inggris.

Rusia telah membantah terlibat dalam kasus keracunan Skripal. Rusia juga menyebut tuduhan serangan siber sebagai ‘kaya fantasi’.

Dalam wawancara pertamanya sejak ditunjuk sebagai Kepala militer pada bulan Juni, Jenderal Carleton-Smith mengatakan Rusia ‘tak terbantahkan’ merupakan ancaman yang lebih besar daripada kelompok teroris yang mengatasnamakan Islam seperti Al-Qaeda dan ISIS.

“Rusia telah memulai upaya sistematis untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi kerentanan Barat, khususnya di beberapa wilayah non-tradisional siber, ruang angkasa, peperangan bawah laut,” tutur Jenderal Carleton-Smith.

“Kami tidak bisa berpuas diri atas ancaman yang diajukan Rusia atau membiarkannya tidak terbantahkan.”

Kedutaan Rusia di Inggris menanggapi pernyataan Jenderal Carleton-Smith dengan sebuah kelakar. Melalui akun Twitter-nya, Kedubes Rusia di Inggris justru mempertanyakan apakah Jenderal Carleton memang sudah tak peduli dengan ISIS.

“Kepala tentara sudah tidak peduli dengan ISIS? Visi strategis global yang hebat!” cuit akun @RussianEmbassy. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close