BisnisOlahraga

Industri Olahraga Bisnis yang Menggiurkan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan pembinaan untuk mengembangkan bisnis di lingkungan industri olahraga.

Kabid Produk Barang dan Jasa Kemenpora Mohamad Gajah Nata Surya, Selasa (9/10/2019) di Yogyakarta mengakui olahraga mampu menciptakan peluang bisnis yang menggiurkan.

“Olahraga itu obyek bisnis yang menjanjikan,” ujarnya.

Menurut dia, setidaknya 50 orang dari berbagai kalangan, mengikuti pelatihan Pelatihan SDM Tenaga Teknis Produk Barang Industri Olahraga dalam Bentuk Merchandise Bola dan Miniatur Panahan yang berlangsung di sebuah hotel di Yogyakarta sejak sepekan lalu.

Ia kemudian menyontohkan dalam Asian Games di Jakarta beberapa waktu lalu, perputaran uang mencapai Rp 20 triliun.

“Mulai dari urusan mal, hotel hingga makanan. Ada 50 ribu turis serta 15 ribu atlet beserta ofisial dari 45 negara,” kata dia.

Ia kemudian menyontohkan, dari merchandise panahan saja sudah tergambar keuntungannya. Sebut saja yang paling gampang angka Rp 100 ribu per merchandise, jika kemudian terima pesanan dari luar negeri dalam jumlah besar, maka bisa memperoleh miliaran rupiah.

Dengan demikian, ujarnya, olahraga memiliki sisi bisnis yang menjanjikan.

“Apakah kita yang di sini bisa mendapatkan yang lebih dari atlet? Bisa, asalkan kita menjalani hidup harus semangat dan banyak imaginasi. Jika ingin punya uang banyak, kita nggak bisa hanya di rumah membaca WA. Cek WA Anda, yang berdampak bisnis berapa persen. Yang main-main berapa persen,” katanya.

Gajah Nata Surya menambahkan, melalui pelatihan peserta diharapkan mengenal produk olahraga, tidak hanya berupa barang tetapi juga jasa.

Sebagai tambahan, Kemenpora baru saja melatih 140 EO (Event Organizer) di wilayah Jawa dan Indonesia Timur serta Sumatra. Mereka diharapkan bisa menjadi EO even olahraga yang andal. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close