Nasional

Indonesia-1, Pesawat Pertama Mendarat di Bandara Kertajati

MAJALENGKA, SENAYANPOST.com – Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dan rombongan menjadi pesawat pertama yang mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jabar, Kamis (24/5/2018) pukul 09.21 WIB.

Kedatangan Pasawat Kepresidenan ini langsung disambut dengan prosesi water salute (penyiraman air) .

“Alhamdulillah tadi kita saksikan pendaratan bersejarah, pendaratan resmi, pesawat turun di BIJB Kertajati,” kata Jokowi, saat memberikan keterangan pers.

Presiden berharap BIJB ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia yang akan pergi dan datang dari Jawa Barat.

“Saya juga berharap ada dampak ekonomi terhadap masyarakat Majalengka serta Jawa Barat,” kata Jokowi.

Bandara Kertajati merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang. Bandara ini memiliki luas 1.800 hektar dan dibangun dengan memakan biaya Rp 2,6 triliun.

Bandara ini mulai dibangun pada 2014 dengan pembangunan runway (landas pacu) sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter yang sudah selesai dibangun pada akhir 2017.

Dengan ukuran landas pacu tersebut, nantinya bandara ini mampu melayani operasional pesawat A330.

Rencananya, landas pacu dipanjangkan hingga 3.200 meter x 60 meter agar bisa melayani operasional pesawat sipil terbesar di dunia seperti Airbus A380, Boeing B 747, maupun B 777.

Bandara ini juga mempunyai apron seluas 397.890 meter persegi yang dapat menampung 10 parking stand pesawat jet narrow body.

Selain untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan menjadi embarkasi haji untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close