Politik

INDEF Minta Jokowi Ganti Menteri Ekonomi Sebelum Oktober

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak (reshuffle) kabinet, terutama menteri bidang ekonomi. Dia berharap, perombakan dilakukan Jokowi sebelum dilantik kembali sebagai presiden untuk periode kedua pada Oktober 2019.

Bhima mengatakan, jika perombakan kabinet dilakukan dalam waktu dekat, maka kinerja menteri dapat dievaluasi pada Oktober. Sehingga, menteri mana yang tidak sesuai harapan akan mudah terlihat berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Dalam ekonomi, data itu per bulan, data itu per minggu, dan data itu per hari, yang artinya anda tidak perform menjalankan kinerja ekspor sampai bulan oktober hanya waktu beberapa bulan anda harus rela untuk diganti karena datanya BPS bisa di-trace per bulan,” tuturnya.

Hal itu disampaikan Bhima dalam konferensi pers Lembaga surveri Arus Survei Indonesia (ASI) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019). “Sehingga pada waktu Oktober itu benar-benar bukan menteri trial and error lagi, tapi itu sudah menjadi menteri yang fix dalam lima tahun ke depan,” katanya.

Bhima menduga, Jokowi kecil kemungkinan merombak kabinet, terutama menteri bidang ekonomi pada saat ini. Mengingat, evaluasi di luar bidang ekonomi memerlukan waktu yang cukup lama.

“Kalau milih ekonomi gampang, ekonomi mungkin agak berbeda dengan kementerian lain yang sifatnya non nomenklatur, Kemenkumham agak sulit kita melihat dalam jangka waktu tertentu,” ujarnya seperti dilansir inews.id.

KOMENTAR
Show More
Back to top button
Close
Close