IMI Sebut Lokasi Sirkuit Formula E Akan Ditentukan dalam 1-2 Hari

IMI Sebut Lokasi Sirkuit Formula E Akan Ditentukan dalam 1-2 Hari

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Penentuan lokasi balap Formula E masih menunggu keputusan hasil pertemuan dari Gubernur DKI Jakarta dan Presiden Joko Widodo.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa mengatakan bahwa seluruh opsi telah diberikan kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan Formula E Operations (FEO) Limited perihal tempat yang dipilih menjadi lintasan ajang adu cepat mobil listrik.

“Itu harus dilakukan keputusan dalam 1, 2 hari ini agar pengerjaannya bisa jalan,” kata Sadikin kepada Tempo, Senin, (10/2/2020).

Menurut dia, apapun yang yang diputuskan oleh PT Jakarta Propertindo sebagai penyelenggaraan dan Pemprov DKI sebagai house city.
Intinya, kata Sadikin lokasi bisa diputuskan secepatnya. Ia juga menyerahkan kepada Jakpro jika pilihan lokasi sirkuit kembali ke Kawasan Monas.
“Itu terserah dari Jakpro sebagai penyelenggara yang terdaftar,” ungkap dia.

Sebelumnya, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai oleh Menteri Sekretariat Negara, Pratikno telah menerbitkan surat nomor B-3/KPPKMM/02/202 pada 7 Februari 2020. Surat itu langsung ditandatangani oleh Pratikno berisi rencana izin penyelenggaraan Formula E 2020 di Kawasan Medan Merdeka.

Pasca terbitnya surat dari Komisi Pengarah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membahas kepastian lokasi balap Formula E.

“Pak Gubernur Anies Baswedan mau ketemu Pak Presiden Joko Widodo malam ini,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho di Balai Kota DKI, Senin, 10 Februari 2020.

Hari menuturkan baru mengetahui surat dari Kemensetneg itu pada Senin pagi. Pemerintah pun langsung membahas surat tersebut.

Menurut dia, meski telah diizinkan menggunakan kawasan Monas, kata dia, Kemensetneg tetap memberikan sejumlah catatan.