Hukum

Imbas Corona, SIM yang Kena Tilang Dikembalikan Lewat Pos

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Untuk mengcegah penyebaran corona, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengundur penyerahan barang bukti tilang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) DKI Jakarta.

“Kejaksaan Negeri (KN) mengundurkan lagi waktu pelaksanaan pemberian pelayanan kepada pelanggar di Kantor KN. (Waktu pelaksanaan itu meliputi) Pengembalian barang bukti, pembayaran denda tilang, dan pengembalian sisa denda tilang,” ucap Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Fahri Siregar kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Pelayanan sedianya dibuka tanggal 3 April 2020, tapi kini diundur hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Namun, untuk sidang tilang di Pengadilan Negeri wilayah DKI Jakarta tetap berlangsung tanpa dihadiri para pelanggar lalu lintas.

“Pengadilan Negeri wilayah DKI tetap melaksanakan putusan sidang tilang tanpa kehadiran pelanggar sesuai Perma nomor 12 tahun 2016 setiap hari Jumat di setiap Minggunya,” ungkap Fahri.

Dia menambahkan, Kejaksaan Negeri di wilayah DKI memiliki bermacam-macam metode untuk masyarakat. Metode itu berkaitan dengan pengembalian barang bukti, pembayaran denda tilang dan pengembalian sisa denda tilang. Semisal Kejaksaan Negeri Jakpus, Jakut dan Jaktim menggunakan metode pembayaran denda tilang secara online. Tiga wilayah tersebut pun menggunakan metode pengembalian barang bukti melalui kantor PT Pos dan Giro.

“Kejaksaan Negeri Jaksel dengan menggunakan metode pembayaran denda tilang, pengembalian barang bukti dan pengembalian sisa denda tilang melalui Drive Thru. Lalu Kejaksaan Negeri Jakbar melalui metode pembayaran denda tilang di loket Koperasi KN Jakbar dan pengembalian barang bukti melalui PT Pos Dan Giro,” ucapnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close