Hot Isu

Imam Besar Istiqlal Tegaskan Selawat Tak Terpisahkan dari Khotbah Jumat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar menjelaskan soal selawat dan khotbah Jumatan yang tak bisa dipisahkan. Nasaruddin menyebut, jika menurut mazhab Syafii, salat Jumat tidak sah apabila khotbah Jumatan tak disertai selawat.

“Kalau Imam Syafii itu tidak sah. Karena itu … nya khotbah. Jadi selawat itu bagian yang tak terpisahkan daripada khotbah,” kata Nasaruddin, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Nasaruddin kemudian menjelaskan tradisi Jumatan di Istiqlal.

“Tradisi kita di Istiqlal itu khotbah pertama itu ada tahmid, tahmidnya harus utuh, kemudian ada ungkapan 2 kalimat syahadat, kemudian ada selawat nabi, kemudian ada wasiat untuk ketakwaan. Khotbah keduanya ada tahmid, sama, mau ditambahkan, ada doa,” jelasnya.

Nasaruddin menuturkan di Mekah juga Khotbah Jumatan selalu disertai dengan selawat. Berdasarkan pengalamannya, dia tidak pernah mendengar khotbah Jumatan tanpa selawat.

“Kayaknya semua mazhab deh. Karena kalau kita di Mekah kan selalu mengucapkan selawat, saya nggak pernah dengar khotbah tanpa ada selawat tapi nanti saya cek di kitab perbandingan mazhab,” katanya.

Sebelumnya, Fachrul Razi sudah menjelaskan mengenai khotbah salat Jumatnya di Masjid Istiqlal minggu lalu. Dia menilai video khotbahnya disebarkan dalam bentuk potongan-potongan saja.

Fachrul mengaku awalnya tidak ingin menanggapi hal tersebut. Namun informasi tersebut makin tersebar dan Fachrul perintahkan jajarannya untuk menyebarkan rekaman lengkapnya.

“Saya Jumat yang lalu jadi khotib di (Masjid) Istiqlal. Disebarkanlah khotbah saya itu dipotong-potong. Ada yang mengatakan nggak ada hamdalahnya, nggak ada selawatnya, tahu-tahu isinya, kemudian nggak ada penutupnya, nggak ada ibadahllahnya, dan sebagainya,” kata Menag Fachrul Razi di Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

“Saya kira tadinya biasa-biasa saja. Tapi ternyata tersebar ke mana-mana. Jadi saya minta kemarin kepada pak humas dan sekjen tolong diambil yang lengkap di Masjid Istiqlal, disebarkan gitu ya,” sambungnya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close