Internasional

Ilmuwan Umumkan Cryodrakon Borea, Dinosaurus Terbang Sebesar Pesawat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Para ilmuwan mengumumkan dinosaurus terbang terbesar yang pernah ditemukan, Selasa (11/9). Hewan terbang ini dinamakan Cryodrakon Borea dan masuk dalam jenis Pterosaurus.

Para ilmuwan memperkirakan reptil ini berukuran sebesar pesawat dan berkeliaran di atas langit purba, terbang melewati kepala T-rex, Triceratops, dan dinosaurus lain dari Zaman Kapur akhir.

Dengan lebar sayap sepuluh meter dan berat 250 kilogram, Cryodrakon Borea menyaingi pterosaurus lain sebagai hewan terbang terbesar sepanjang masa, seperti dilaporkan para peneliti dalam Journal of Vertebrate Paleontology.

“Ini adalah penemuan yang keren,” kata David Hone, pemimpin penulis penelitian dan seorang peneliti di Universitas Queen Mary di London.

“Sangat bagus bahwa kita dapat mengidentifikasi Cryodrakon sebagai berbeda dari Quetzalcoatlus,” pterosaurus raksasa lainnya yang awalnya salah, katanya dalam sebuah pernyataan.

Fosil hewan terbang raksasa ini pertama kali ditemukan lebih dari 30 tahun yang lalu di Alberta, Kanada. Awalya, peneliti melakukan kesalahan klasifikasi atas hewan ini.

Tetapi setelah meneliti lebih lanjut, tidak diragukan lagi bahwa spesies baru telah ditemukan. Mereka meneliti fosil-fosil remaja dan tulang leher raksasa yang utuh dari spesimen dewasa.

Seperti reptil bersayap lainnya yang hidup sekitar 77 juta tahun yang lalu, C. Boreas adalah karnivora. Kemungkinan ia memakan kadal, mamalia kecil, dan bahkan bayi dinosaurus.

Hone menjelaskan, meskipun ada kemungkinan kapasitas untuk menyeberangi perairan besar, lokasi fosil tetap ada dan fitur binatang itu menunjuk ke habitat pedalaman.

Saat ini, ada lebih dari 100 spesies pterosaurus yang dikenal. Dinosaurus ini tersebar luas di Amerika Utara dan Selatan, Asia, Afrika, dan Eropa. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close