Politik

Ilham: Saya Bukan Diberhentikan dari Anggota KPU

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra menegaskan dirinya bukan direkomendasikan atau diberhentikan dari anggota KPU RI, tetapi dicopot sebagai ketua Divisi Teknis dan Logistik.

“Tentu saja itu bagian dari kepatuhan kami dan konsekuensi sebagai penyelenggara Pemilu, yang diatasnya ada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKKP),” kata Ilham Saputra menanggapi putusan DKPP di Kantor KPU Bekasi, Jumat (12/7/2019), seperti dikutip dari Antara.

Ilham menjelaskan dirinya berusaha semaksimal dalam bertugas sesuai perundang-undangan. Tetapi DKPP menyatakan lain, dan hal itu harus dihormati.

“Segera diplenokan, kan tujuh hari masa kerja, masih lamalah dan masih ada tugas-tugas lain seperti mengawal proses di Mahkamah Konstitusi (MK),” jelas Ilham Saputra.

Ilham menyatakan putusan DKPP itu tidak akan mengganggu proses penyelenggaraan pemilu atau pilkada selanjutnya.

“Tetapi kita lihat nanti, terkait transfer pengetahuan, jika saya ditempatkan di divisi apa nantinya dalam Pleno KPU,” ujar Ilham Saputra.

Ketika ditanyakan apakah putusan itu memengaruhi rekam jejak sebagai penyelenggara pemilu, Ilham menegaskan silakan masyarakat menilai sendiri. Ilham hanya menegaskan di sisa waktu 2,5 tahun lagi, dirinya akan mempergunakan secara maksimal untuk bekerja dengan baik.

Sebelumnya, DKPP memerintahkan KPU untuk memberhentikan Ilham Saputra dari jabatan ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik karena melanggar kode etik terkait pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI.

Dalam dokumen putusan DKPP Nomor: 61-PKE-DKPP/IV/2019 yang diunggah dalam situs resmi DKPP, Rabu (10/7), kader Partai Hanura Tulus Sukariyanto mengadukan staf Sekretariat KPU RI Indra Jaya, Kasubbag PAW dan Pengisian DPR, DPD dan DPRD Wilayah 2 Sekretariat KPU RI Novayani serta Komisioner KPU RI Ilham Saputra.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close