Internasional

Ikan Vampir Serbu Amerika

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hewan penghisap darah ternyata bukan hanya kelelawar vampir. Ada lagi ikan vampir yang muncul di Amerika.

Serbuan ikan vampir ini muncul di Danau Champlain, Vermont, Amerika Serikat, dekat dengan perbatasan Kanada. Badan perikanan setempat, Vermont Fish and Wildlife mengatakan ini adalah spesies yang mengganggu karena menghisap darah ikan lain.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (30/6/2020) nama lain ikan vampir adalah sea lamprey (Petromyzon marinus). Dari namanya, memang habitat aslinya di Samudera Atlantik, ratusan kilometer jauhnya dari Danau Champlain.

Spesies lain dari sea lamprey ditemukan juga di Sungai Connecticut dan anak sungainya. Namun sea lamprey yang ada di sungai ini dianggap tidak berbahaya, seperti diberitakan Miami Herald.

Dinas terkait pun sudah mengamankan serbuan ikan vampir yang ada di Danau Champlain. Sedangkan, ikan vampir di Sungai Connecticut dibiarkan saja, karena membawa manfaat biologis dengan menjadi sumber makanan untuk predator lain.

“Sea lamprey ini hewan lokal di Sungai Connecticut dan punya peran penting dalam ekosistem. Jangan takut kalau lihat sea lamprey atau bangkainya,” kata Lael Will dari Vermont Fish and Wildlife.

Yang perlu dikhawatirkan adalah serbuan ikan vampir ini di Danau Champlain, karena memang bukan habitat aslinya dan sifatnya yang invasif. Dikhawatirkan sea lamprey malah mengganggu ekosistem di Danau Champlain seperti pernah terjadi di Great Lakes.

Ikan vampir ini saat dewasa tinggal di Samudera Atlantik, namun mereka bertelur di sungai air tawar. Bayi ikan vampir ini tinggal di sungai, saat dewasa mereka berenang kembali ke lautan.

Ikan vampir ini punya tubuh seperti belut. Satu ekor ikan vampir ini mampu membunuh 18 kg ikan per tahun. Mereka menempel pada tubuh ikan lain dengan mulut bulat seperti penghisap dan gigi yang sangat tajam. Mereka menghisap darah dan cairan tubuh ikan lain yang ditempelinya. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close