Nasional

Ikan Hasil Tangkapan Kapal Ilegal Akan Dibagikan ke Nelayan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membagikan hasil tangkapan kapal-kapal ilegal pencuri ikan hasil tangkap Tim Bakamla di perairan Indonesia. Kebijakan ini berbeda dengan sebelumnya yang harus ditenggelamkan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan hasil tangkapan kapal-kapal yang kini sudah tertangkap.

Edhy mengaku sudah berkoordinasi dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dari hasil koordinasi itu, menurutnya akan ada pertemuan dengan Kejaksaan Agung dan Kementerian Perhubungan untuk membahas hal ini secara teknis.

“Kapal yang ada ini mau diapakan, ada ribuan kapal kan, nah hasilnya apa. Ini bagaimana kalau kita serahkan nelayan,” katanya ketika ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Selama ini, kapal-kapal yang berdasarkan keputusan pengadilan harus dimusnahkan, lebih banyak ditenggelamkan pada era Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Edhy Prabowo mencoba alternatif lain.

“Kita harus data semuanya karena ada yang hasil pengadilannya untuk dimusnahkan, nah dimusnahkannya masih mungkin nggak, kalau masih bagus untuk disita negara kemudian kita reparasi untuk diserahkan ke nelayan atau koperasi atau siapa,” katanya.

Penentuan nelayan yang akan menerima juga masih dalam pembahasan. Bisa jadi nantinya nelayan penerima diprioritaskan yang berada pada wilayah-wilayah yang selama ini paling banyak jadi lokasi pencurian.

Namun secara rinci kriteria nelayan penerima belum ditetapkan. Yang jelas menurutnya, hal ini bisa jadi stimulus semangat baru bagi para nelayan

“Kemarin waktu saya ke Batam waktu apel siaga itu ada 29 kapal yang inkrah, yang siap diserahkan tapi menghibahkan kan nggak asal,” bebernya.

“Ada kekhawatiran kalau kita hibahkan dijual lagi sama pemiliknya yang asli gimana? Nah ini yang kita harus hati-hati,” lanjut Edhy Prabowo.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close