IHSG Menguat 38,98 Poin

IHSG Menguat 38,98 Poin

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pembukaan awal pekan ini, Senin (16/11/2020), dibuka menguat 38,98 poin atau 0,71 persen ke posisi 5.500,03.

Sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 9,71 poin atau 1,12 persen ke posisi 876,91.

Sepanjang pekan ini pelaku pasar bakal mencermati  Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan berlangsung di pertengahan pekan.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengungkapkan lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara membuat pelaku pasar berhati-hati. 

Pihaknya mencatat terjadi kenaikan kasus baru di Amerika Serikat hingga Eropa dan membuat sejumlah negara harus mengambil langkah penanggulangan.

Kendati demikian, pekan lalu pasar terdorong hasil penelitian vaksin Covid-19. Salah satunya laporan dari perusahaan farmasi asal Amerika Serikat dan Jerman terkait efektifitas dalam mencegah penyebaran virus.

Kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat juga mendorong optimisme akan dikucurkannya stimulus fiskal US$2,2 triliun. Kebijakan itu perlu dikeluarkan oleh pemerintah Negeri Paman Sam untuk membangkitkan kembali ekonomi.

Dari dalam negeri, Hans menyebut rupiah sedikit melemah pada akhir pekan lalu. Kondisi itu terjadi setelah Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkap masih ada ruang penurunan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR.

“Saat ini Rapat Dewan Gubernur BI yang terdekat pada 19 November 2020 tetapi kami perkirakan BI akan mempertahankan suku bunga tidak berubah di angka 4 persen,” ujarnya melalui riset harian, Minggu (15/11/2020). (Jo)