Ekonomi

IHSG Bergerak ke Zona Hijau di Level 5.807

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) ke zona hijau pada perdagangan hari Senin (9/7/2018) awal pekan ini. IHSG terkerek +1,97 persen (+112 poin) ke level 5.807.

Sektor keuangan dan infrastruktur menjadi lokomotif penguatan IHSG . Kedua sektor tersebut menguat masing-masing 3,32 persen dan 2,58 persen. Analis menyebut kabar tentang kinerja 10 bank besar per Mei 2018 yang menguat 11,3 persen menjadi faktor utama pendorong kenaikan indeks.

Market saham Asia menguat pada sesi akhir perdagangan hari Senin (9/7). Bursa saham Asia terkerek sentimen positif pergerakan positif indeks saham Wall Street sedangkan di sisi lain para pemodal terus mencermati isu perdagangan global setelah USA dan China saling bertukar kebijakan tarif bea masuk impor pada akhir pekan kemarin.

Di bursa saham Jepang penguatan sektor saham banking, peralatan elektronik, metal dan farmasi menopang laju positif Indeks Nikkei 225. Indeks Topix naik 1,2 persen.

Pasar saham Korsel juga menanjak positif. Indeks Kospi naik 0,57 persen seiring dukungan saham-saham tekno. Sementara saham manufatur bergerak melemah. Saham unggulan seperti Samsung Electronics harga sahamnya naik 1,56 persen. Posco turun 2,4 persen.

Indeks S&P/ASX 200 naik 0,22 persen di tengah penguatan saham-saham bank dan resources. Saham tambang penting seperti BHP naik 2,14 persen.

Rally terjadi di bursa saham Hong Kong. Indeks Hang Seng melaju kencang dengan dukungan saham jasa dan material. Begitu pula dengan bursa saham China yang mana indeks acuan baik Indeks Shenzhen maupun Indeks Shanghai bergerak menguat. Indeks Shenzhen naik 2,51 persen.

Bursa AS ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik 1.31%, S&P 500 dan Nasdaq ditutup menguat sama 0.88%. Pasar telah diberi dorongan menyusul publikasi Jumat dari laporan pekerjaan terbaru, yang mengungkapkan bahwa ekonomi AS menambahkan 213.000 pekerjaan pada Juni, mengalahkan ekspektasi. Sentimen positif ini terlihat di seluruh pasar meskipun ada kekhawatiran seputar perdagangan dan Brexit.

AS menempatkan tarif US$34 miliar pada barang-barang Cina pada hari Jumat, sebuah langkah yang memicu China untuk menyerang balik dengan serangkaian tugasnya sendiri.

Dan Sekretaris Brexit Inggris, David Davis mengumumkan Minggu malam bahwa dia mengundurkan diri dari jabatannya, karena dia tidak siap untuk menjadi “wajib militer yang enggan” terhadap rencana Perdana Menteri Theresa May untuk meninggalkan Uni Eropa (UE).

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close