Features

Ibu Shinta Sahur Keliling di Antara Masjid dan Gereja

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Setelah sebelumnya sahur keliling di Rawamangun, Jakarta Timur, pada Kamis (9/5/2019) pukul 02.30 WIB dini hari, Ibu Nyai Hj. Shinta Nuriyah, sahur bersama kaum dhuafa dan fakir miskin di halaman Masjid Al-Muqorrobien dan Gereja Mahanaim.

Setidaknya istri alm. Gus Dur itu sahur bersama sekitar 350 warga tak mampu di sekitar masjid dan gereja tersebut. Dengan lambang keharmonisan antara masjid dan gereja, memang yang berdampingan itu seakan memperkuat tema “Dengan Berpuasa: Kita Padamkan Kobaran Api Kebencian dan Hoaks”.

Apalagi sejarah dua rumah ibadah itu sarat dengan cerita keharmonisan kedua agama (Islam dan Kristen) selama ini yang selalu menjaga toleransi. Bahkan saling bahu-membahu dalam kegiatan keagamaan.

“Setiap tahun masjid dan gereja mengadakan acara buka bersama, begitupun ketika Natalan pihak masjid menyediakan lahan parkir untuk jemaat gereja dan sebagainya. Jadi, persaudaraan dan kebersamaan ini harus dijaga,” demikian Ibu Nyai Shinta.

Gereja Mahanaim berdiri pada tahun 1957, sedangkan Masjid Al-Muqorrobien dibangun pada satu tahun kemudian, dan semua atas inisiasi para pelaut yang tinggal di sekitar Enggano, Tanjung Priok tersebut.

Uniknya makna dari Al-Muqorrobien adalah saling menghormati dan bersaudara. Sehingga tidak berlebihan jika sejarah kedua bangunan ibadah itu patut dijadikan sebagia cagar budaya, yang selalu menginsipirasi dalam kerukunan umat beragama di Indonesia.

Sahur keliling itu didukung oleh pengurus Masjid Al-Muqorrobien dan Gereja Mahanaim beserta pengurus lingkungan di sekitar Enggano dan dukungan Banser NU.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Yayasan Puan Amal Hayati yang dipimpin Ibu Hj. Shinta Nuriyah Abdurahman Wahid yang sudah berlangsung sejak tahun 2002 atau 20 tahun silam bersama para tukang becak, pengamen, pemulung, tukang parkir, anak jalanan, mbok-mbok bakul, buruh pabrik, korban bencana, kaum dhuafa dan kelompok marjinal di beberapa daerah di Indoensia.

Sahur keliling dengan tujuan memperat persaudaraan dan kebersamaan antar umat beragama dan demi tegaknya nilai-nilai kemanusiaan. ANBTI sudah menjalin mitra selama 12 tahun sejak 2007 dan sudah dilakukan bersama jaringan ANBTI berbagai kota.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close