Nasional

Ibu Kota Baru, Tjahjo: Tak Semua ASN Pindah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) masih memetakan kompetensi dan latar belakang ratusan ribu tenaga di masing-masing kementerian dan lembaga.

Karena itu, Kementerian PAN-RB belum bisa mengungkapkan kategori dan jumlah pasti aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kemungkinan ASN yang diberangkatkan ke ibu kota baru pun jumlahnya lebih kecil dari total 118.513 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Saat ini kami sedang mendetailkan lagi dari 118 ribu ASN di kementerian, Lembaga Pusat,” kata Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Ia menambahkan, pihaknya sedang melakukan pengecekan kembali kompetensi maupun background pendidikannya pula. Sehingga yang nanti ke IKN (Ibu Kota Negara) yang betul-betul siap dan bisa jadi menjadi berkurang dari 118 ribu.

Tjahjo sendiri juga belum merinci teknis pemindahan tersebut, serta fasilitas penunjang ataupun perkantoran untuk ASN di ibu kota baru.

Berdasarkan catatan yang diterima wartawan, 118.513 ribu orang tersebut adalah hasil analisis jumlah PNS yang potensial dipindah jika ibu kota baru akan menerapkan smart government.

Dari total tersebut, 2.356 PNS merupakan pejabat struktural. Sementara 116.157 orang adalah PNS pusat dengan usia beragam mulai di bawah 20 tahun hingga 45 tahun. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close