Nasional

Ibu Kota Baru, Sukanto Tanoto Siap Kembalikan Lahan ke Negara

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Corporate Affairs Director APRIL Group Agung Laksamana mengatakan Sukanto Tanoto siap mengembalikan konsesi tanahnya di Kalimantan Timur ke pemerintah untuk kepentingan pembangunan ibu kota baru.

“Benar (siap mengembalikan lahan),” kata Agung Laksamana, Jumat (20/9/2019) sore.

Agung menambahkan, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah terkait pengembalian tanah tersebut. Pihaknya mengakui rencana pemerintah ini akan berpengaruh bagi kegiatan operasional perusahaan.

Pasalnya lahan berada di dalam area PT Itci Hutani Manunggal (IHM) yang merupakan mitra pemasok strategis dengan kontribusinya signifikan bagi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) milik Sukanto Tanoto.

Tapi ia yakin pemerintah akan memberikan jalan terbaik.

“Kami percaya pemerintah akan memberikan solusi, untuk selanjutnya kami akan ikuti arahan pemerintah,” katanya.

Sebagai informasi, informasi mengenai kepemilikan lahan Sukanto Tanoto di calon ibu kota baru sebelumnya disampaikan oleh Menteri Perindustrian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, MS Hidayat.

Ia mengatakan Sukanto Tanoto memegang kepemilikan lahan di calon ibu kota baru dengan status hutan tanaman industri (HTI).

Ia mengaku mendapatkan informasi itu dari tiga menteri yang hadir dalam acara rapat koordinasi nasional bidang properti yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia beberapa waktu lalu.
Tiga menteri yang hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Pengakuan tersebut dibenarkan Bambang Brodjonegoro. “Itu konsesi, bukan kepemilikan, HTI oleh PT ITCI milik Tanoto,” ungkap Bambang. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close