Nasional

Ibu Kota Baru, Negara Tak Bayar Konsesi Lahan Sukanto Tanoto

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil memastikan negara tak akan membayar ganti rugi dalam bentuk apapun kepada Sukanto Tanoto.

Sukanto Tanoto diketahui saat ini memegang konsesi lahan berstatus Hutan Tanaman Industri (HTI) di area PT ITCI Hutabi Manunggal (IHM) yang menjadi kawasan baru ibu kota.

“Jangan dipikir perusahaan itu akan diuntungkan, tidak diuntungkan, karena luas wilayahnya akan diambil. Itu menjadi tanah negara kembali, tidak perlu kami bayar kembali,” ujar Sofyan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Ia menekankan tidak ada perusahaan atau individu lain yang diuntungkan ketika pemerintah menggunakan lahan-lahan yang sudah dipetakan menjadi kawasan ibu kota baru.

Karena tidak ada perusahaan atau individu lain lagi yang memegang konsesi lahan di kawasan tersebut.

Sebagai catatan, pemerintah telah mengumumkan kawasan baru ibu kota terdapat di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Tidak (ada perusahaan atau individu lain), kelihatannya satu perusahaan saja. Justru banyak tanah negara kawasan hutan yang tidak ada pemilikannya, masih di bawah kontrol Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan langsung,” terangnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close