Hot Isu

Hutan Gunung Merbabu di Boyolali Terbakar, Pendaki Dilarang Mendekat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Si jago merah melalap hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Bencana ini membuat para pendaki dilarang mendekati areal hutan dan melakukan aktivitas pendakian.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu telah menutup semua jalur pendakian di gunung berketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut sampai waktu yang belum ditentukan.

Dalam surat edaran SE.417/T.35/TU/EVLAP/2019 yang diterbitkan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu pada 12 September 2019 disebutkan, penutupan sementara jalur pendakian Gunung Merbabu diberlakukan mulai 12 September 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Jalur pendakian akan dibuka kembali setelah kondisi Gunung Merbabu dinyatakan aman atau memungkinkan untuk aktivitas pendikian.

“Penutupan jalur pendakian dilakukan setelah memperhatikan keadaan saat ini, di mana terjadi kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu dan aspek keselamatan pendaki,” kata Kepala Balai Taman Nasioanal Gunung Merbabu Junita Parjanti dalam surat edaran yang diterima SINDOnews, Kamis (12/9/2019).

Sehubungan dengan hal itu, Junita mengimbau kepada seluruh pegawai Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dan semua mitra pengelola pendakian untuk menyosialisaslikan surat edaran tersebut kepada masyarakat. “Dan kami minta kepada para pendaki untuk mentaatinya,” tandasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close