HUT MUI ke-45, Wapres Apresiasi Keutuhan Lembaga

HUT MUI ke-45, Wapres Apresiasi Keutuhan Lembaga

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pada hari ulang tahun Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang ke-45, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengapresiasi keutuhan lembaga keagamaan ini. Ma’ruf berharap, MUI tetap berdiri tegak dan tidak ada perpecahan.

“MUI masih utuh dan saya kira sesuatu yang mahal, tidak semua perhimpunan yang terdiri dari berbagai ormas itu bisa bertahan begitu lama. Saya berharap tentu jangan sampai seperti perhimpunan yang ada sebelumnya tapi kemudian tidak berlanjut karena adanya perpecahan dan adanya selisih paham di antara para tokoh umat,” kata Wapres, Sabtu (8/8/2020).

Dia menilai, MUI telah berhasil membangun kesamaan pandangan dan meletakkan dasar yang kokoh. Sehingga terbangun toleransi terhadap perbedaan pendapat.

“Karena itu kewajiban kita bisa menjaga karena MUI adalah terdiri dari kesepakatan banyak-banyak ormas Islam. Maka jangan sampai MUI mengalami nasib yang sama seperti perhimpunan atau persatuan umat pada masa yang lampau,” tutur Ma’ruf.

Di samping itu, tambah Ma’ruf, dalam menghadapi pandemi Covid-19, MUI diharapkan ikut berpartisipasi sebagai himayatul umah, menjaga umah dari dua dharar atau bahaya. Baik penyakitnya maupun dampak ekonomi yang ditimbulkan.

“Apa yang dihadapi dhafud dhararaini menghilangkan dua dharar sekaligus. Dalam perspektif agama, dhafud dharar hukumnya minimal fardu kifayah apabila bahaya tidak begitu berat tapi kalau bila bahayanya begitu besar ini bukan lagi kifayah tapi fardu ain,” tandasnya.