Lintas Daerah

Hujan Lebat, Lereng Gunung Raung Banjir Bandang

BANYUWANGI, SENAYANPOST.com – Hujan lebat yang mengguyur mengakibatkan lereng Gunung Raung dilanda banjir. Air terlihat membesar di sepanjang aliran Sungai Badeng di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon.

Air banjir terlihat keruh disertai material lumpur yang diduga berasal dari sedimen lereng gunung yang mengalami longsor. Banjir menghantam seluruh sisi sungai hingga menyebabkan kerusakan.

Lahan pertanian, maupun jembatan penghubung terlihat rusak parah akibat kuatnya terjangan air. Hingga saat ini, dilaporkan hujan masih turun dan banjir semakin membesar menuju ke arah hulu.

“Sepanjang hari bahkan sampai saat laporan ini disampaikan hujan masih turun dg intensitas tinggi mengakibatkan debit air di semua Daerah Aliran Sungai di wilayah Kecamatan Songgon meningkat diantaranya Sungai Badeng, Sungai Binau dan Sungai Kumbo,” ucap Sugriwo dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops), BPBD Banyuwangi, Jumat (22/6/2018).

“Khusus Sungai Badeng terjadi peningkatan debut air yang signifikan mulai pukul 20.00 WIB dan terus meningkat hingga dini hari dan sampai saat laporan ini disampaikan, air keruh disertai material lumpur dan ranting-ranting pohon,” jelasnya.

Langkah awal yang dilakukan, kata Sugriwo, pihaknya telah melakukan koordinasi kepada para kepala desa untuk mensosialisasikan kepada warga di bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan dini.

“Agar juga memberikan himbauan kepada warga yang berada di bantaran sungai agar waspada dan siap siaga mengantisipasi kejadian darurat,” terangnya.

Banjir bandang, kini dilaporkan juga telah mengarah ke daerah hulu sungai. Sejumlah warga yang berada di beberapa lokasi telah melakukan kesiapsiagaan. Di antaranya, di Dam Gurit, Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh maupun sepanjang aliran sungai yang melalui wilayah Kecamatan Rogojampi. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close