Ekonomi

Hiswana Migas Klaim Pasokan LPG di Jombang Aman

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Para pengusaha bidang minyak dan gas bumi yang tergabung dalam Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) mengklaim pasokan gas elpiji 3 kilogram untuk wilayah Kabupaten Jombang masih stabil dan aman.

“Masih aman dan tidak ada pengurangan alokasi elpiji 3 kg di Jombang,” kata Wakil Ketua Hiswana Migas Surabaya Tri Prakoso , Rabu (29/8/2018).

Hiswana Migas Surabaya sendiri mengoordinasi wilayah Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik.

Tri Prakoso mengatakan, pernyataan soal kestabilan pasokan ini disampaikan setelah sempat ada isu kelangkaan elpiji 3 kg di wilayah Jombang sebagaimana diberitakan sejumlah media.

“Kami langsung cek dengan turun ke lapangan. Saat ada berita kelangkaan elpiji 3 kg di beberapa kecamatan di Jombang, kami bersama Pertamina langsung melakukan operasi pasar di kelurahan yang disebut di media, dan ternyata serapannya normal saja. Penjualan rata-rata antara 100 hingga 400 tabung selama pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB. Kalau langka kan pasti sudah diserbu masyarakat,” katanya.

Tri Prakoso menambahkan, suplai elpiji 3 kg sudah beberapa kali diberikan pada saat hari libur besar dan saat ada peningkatan permintaan di masyarakat, misalnya saat Idul Adha, 17 Agustus, dan momen besar lainnya.

“Stock elpiji 3 kg di SPBU di kabupaten Jombang sebagai buffer stock atau stok penyangga Pertamina selama ini cukup dan tidak ada permintaan berlebihan, semuanya normal. Makanya kami heran juga kok disebut ada kelangkaan,” katanya.

Tri memastikan bahwa stok elpiji 3 kg di setiap pangkalan dan agen masih aman sampai sore hari, walaupun diprediksi akan ada penyerapan lebih oleh masyarakat akibat adanya isu kelangkaan yang berkembang.

Saat ini, sebagian warga sudah langsung membeli dua tabung dari biasanya sebanyak satu tabung. Artinya, ada warga yang percaya dengan isu kelangkaan elpiji di Jombang.

“Padahal stok di lapangan aman dan stabil. Itu kami jamin betul. Kalau pun ada peningkatan permintaan elpiji itu hanya karena momen Idul Adha dan 17 Agustus kemarin di mana banyak aktivitas yang membutuhkan elpiji. Tapi itu sudah kami antisipasi dan terkontrol dengan baik dengan manajemen pasokan yang bagus,” kata Tri.

Hiswana Migas Surabaya juga mengklaim bahwa pendistribusian elpiji 3 kg kepada masyarakat pangkalan agen dan outlet di SPBU lancar dan tidak ada kendala.

“Sekali lagi saya tegaskan, masyarakat Jombang tidak perlu khawatir terhadap stok elpiji 3 Kg. Barangnya ada dan aman. Rutin dikirim ke pangkalan resmi dan SPBU. Makanya kami sarankan agar masyarakat sebaiknya beli langsung ke pangkalan resmi agen atau SPBU. Dijamin terlayani karena memang stoknya ada,” kata Tri.

Dia mencontohkan, di Pangkalan Pak Widi dan di agen wilayah Sumobito rata-rata ada stok 13 tabung, Pangkalan Mulyono dan daerah Tulungrejo rata-rata masih ada stok 7 tabung, dan Pangkalan Warsiti di Johowinong rata-rata tersedia stok 15 tabung. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close