Lintas Daerah

Hingga H+4 Lebaran, Kecelakaan Lalu Lintas di Jatim Turun 30 Persen

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Arus balik hingga H+4 Lebaran semua masih terbilang normal. Hal ini diterangkan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Pihaknya juga mencatat telah terjadi penurunan Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) dibanding 2017. Jumlah korban meninggal karena Laka Lantas juga mengalami penurunan.

Disebutkan, angka kecelakaan yang menurun sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan, yang paling signifikan adalah korban meninggal dunia, yang mengalami penurunan sampai 150 persen.

Begitu pula dengan beberapa kejadian yang lain. Dengan adanya tol itu, lanjut Kombes Barung, dapat membuat psikologi masyarakat, misalnya tingkat kejenuhan atau emosi daripada pengguna jalan juga terpengaruh.

“Misalnya, ketika macet, mengantri dan melihat bahwa jalan itu macet total, sekarang kan tidak lagi, itu yang menyebabkan kemacetan berkurang,”paparnya, Kamis (21/6/2018).

Menurut Kombes Pol Frans Barung, personel kepolisian dan sejumlah instansi terkait masih berada di lapangan, baik di persimpangan maupun di jalan fungsional tol, hingga jalan yang menghubungkan antara arteri dan fungsional selama arus balik.

“Kemarin Kapolda serta Wakapolda Jatim telah bersama-sama mengecek bergantian pada tanggal 17 sampai sampai 20 Juni 2018, dalam pengecekan itu memang arus meningkat, kami harus mengakui bahwa banyak masyarakat yang kembali ke Jateng, Jabar, dan paling banyak ke Jakarta mengalami kepadatan,” terangnya.

Mantan Kabid Humas Polda Sulsel itu mengatakan, pada tanggal 19 dan 20 Juni 2018 adalah puncak dari arus balik, dalam dua hari itu, ada 120.000 kendaraan yang kembali ke jalur Jateng, Jabar, dan DKI Jakarta.

“Sampai sekarang, belum ada itu laporan terkait hal yang menyebabkan terjadinya keruwetan terhadap penggunaan jalan,” jelasnya. Tak dapat dipungkiri bila arus mudik dan balik selama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah tak separah tahun sebelumnya.

Sebab, berdasarkan data dari Ditlantas Polda Jatim menyebutkan, sejumlah kejadian, baik kecelakaan lalu lintas (laka lantas), kemacetan, hingga korban laka lantas berkurang signifikan kendati masih ada kepadatan arus selama mudik dan arus balik. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close