Ekonomi

Hindari Pengajuan Kredit Fiktif, MTF Gandeng Dukcapil

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Perusahaan pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) terus mengembangkan pelayanan bagi konsumennya. Salah satunya dengan memberikan pelayanan cepat berbasis data yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Untuk itu, MTF menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Langkah ini akan mempercepat proses pengajuan kredit dan juga untuk menghindari pengajuan kredit fiktif,” kata Direktur Utama MTF Arya Suprihadi, pada penandatanganan perjanjian kerja MTF dengan Dukcapil, di Jakarta, Kamis (8/11/2018) malam.

Dalam kerjasama ini, MTF dan Dukcapil bersinergi dalam meningkatkan Standar Pelayanan Administrasi (SPA) dengan mempercepat proses layanan dan validasi informasi.

Untuk mempercepat layanan administrasi, MTF mendapatkan hak akses dalam pemanfaatan data kependudukan.

“Hal ini merupakan salah satu wujud pengembangan kami dari sisi informasi data pribadi customer dan calon customer,” kata Arya Suprihadi.

“Dengan adanya hak akses ini, standar pelayanan yang dilakukan oleh MTF akan semakin cepat karena data yang diperlukan dari customer atau calon customer dalam memberikan pelayanan hanya berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK),” tambahnya.

Sedangkan dalam hal validasi informasi, kerja sama ini membantu MTF memastikan bahwa customer maupun calon customer memiliki NIK yang valid.

“Dengan memiliki informasi valid, maka kami juga dapat mencegah ada oknum yang menggunakan data palsu untuk mengambil fasilitas pembiayaan di MTF. Dengan meminimalisasi hal ini, maka MTF juga dapat mencegah terjadinya kredit macet,” jelas D Arya Suprihadi.

Acara penandatanganan kerja sama ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokuman Kependudukan Gunawan, Direktur Utama MTF Arya Suprihadi, dan Direktur MTF Harjanto Tjitohardjojo. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close