Nasional

Hindari Pencucian Uang di Proses Lelang, Kemenkeu Gandeng Dukcapil

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Guna menghindari pencucian uang oleh peserta lelang, Kementerian Keuangan menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dalam pemakaian Kartu Tanda Kependudukan (KTP) untuk lelang.

Menurut Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, lelang pernah menjadi salah satu pengalokasian uang hasil KKN oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Oknum tersebut membeli barang melalui lelang Kemenkeu.

“Tahu nggak kalian bahwa lelang itu bisa menjadi sarana pencucian uang. Kalau kalian tahu, kalian gali kasus yang melibatkan salah satu lembaga tinggi kita,” kata Isa Rachmatarwata, di Kantor DJKN, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

“Itu kan dia ditengarai juga melakukan pencucian uang dengan cara membeli barang melalui lelang jadi barangnya waktu dicek ternyata dibeli melalui lelang,” sambungnya.

Isa melanjutkan, melalui kasus tersebut, Kemenkeu ingin memperketat keikutsertaan setiap peserta lelang melalui identitas yang jelas dan lengkap. Sehingga ke depan, tak ada lagi pihak-pihak yang memanfaatkan lelang Kemenkeu untuk mengalokasikan uang hasil KKN.

“Jadi lelang itu termasuk ditengarai menjadi cara melakukan pencucian uang. Makanya penting untuk mengetahui siapa yang membeli barang di prosesnya. Nanti kita eksplorasi dikesempatan lain,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close