Lintas Daerah

Hindari Pemalsuan, Dishub Garut Ganti Buku KIR dengan Kartu Pintar

GARUT, SENAYANPOST.com – Guna menghindari pemalsuan buku KIR manual atau buku uji kendaraan bermotor, Dinas Perhubungan Garut sejak 1 September 2019 mengganti buku KIR dengan kartu pintar BLUE (Bukti Lulus Uji Elektronik).

“Mulai satu September tidak ada lagi buku uji, diganti denganti kartu KIR atau KIR elektronik, dan potensi pemalsuan kecil sekali,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, Rabu (18/9/2019).

Suherman menambahkan, uji KIR yang nantinya diterbitkan dengan BLUE ini akan terkoneksi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Meski telah diberlakukan sejak 1 September lalu, KIR elektronik baru akan diresmikan penggunaannya secara resmi oleh Bupati Garut Rudy Gunawan pada 23 September mendatang.

Suherman mengatakan, dengan inovasi ini dapat menghindarkan pemalsuan buku KIR. Karena kartu pintar itu tidak bisa dipalsukan.

Di dalam kartu pintar ini, lanjut Suherman, disematkan berupa chip yang bisa mendeteksi dari data-data kendaraan yang bersangkutan. Selain itu, terdapat bukti bahwa kendaraan itu telah lolos dengan serangkaian uji, sehingga memudahkan pengecekan secara berkala.

Menyangkut tanda uji yang semula ditempel pada badan kendaraan, Suherman menambahkan, akan diganti dengan stiker dengan barcode yang ditempel pada kaca depan kendaraan.

Suherman menyebutkan, di Jawa Barat, baru Dinas Perhubungan Kabupaten Garut yang telah menerapkan metode baru ini. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close