Politik

Hendropriyono Sebut Provokator Pemilu Rusuh Gali Lubang Sendiri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tokoh intelijen AM Hendropriyono ikut berkomentar terkait isu rusuh dalam Pemilihan Umum 2019 nanti. Hendropriyono menyakini bahwa rusuh atau chaos itu tidak akan terjadi pada penyelenggaraan pemilu serentak ini.

“Kalau pun ada, tidak sulit sama sekali mengatasinya, karena orang itu para pelakunya, sama dengan menggali lubang sendiri. Jadi masyarakat enggak usah khawatir, sebelum dan sesudah pemilu ada keributan itu tidak mungkin,” kata Hendropriyono di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Soal siapa yang dimaksud oleh mantan Kepala BIN ini, dia tak mengungkapkannya. Menurutnya mereka yang juga kerap menyebar provokasi.

“Orang yang mengancam-ancam mau membikin chaos, itu kan ada orang itu, saya juga baca. Dia itu menggali lubang sendiri. Tidak mungkin dalam keadaan seperti ini tentara akan diam saja,” tegasnya.

Dia mengingatkan bahwa chaos itu berawal dari penyebaran hoax. Menurut dia, masyarakat sebenarnya juga bisa berperan melawan penyebaran-penyebaran hoax itu.

“Chaos itu bisa karena hoax. Dan ini hanya masyarakat sendiri yang bisa meredam. Hoax-hoax ini terus menerus berkeliaran menjelang pemilu. Tolong masyarakat bisa segera memisahkan-misahkan mana yang benar dan mana yang hoax,” katanya.

Dia mengakui, dalam penyelenggaraan Pemilu ini aparat termasuk tentara harus bersikap netral. Namun, jika ada yang melawan Pancasila menurutnya tentara tak boleh netral.

“Meskipun untuk Pemilu ini memang kita mesti netral, tapi kalau menghadapi musuhnya Pancasila, tidak ada netral. Tentara, polisi, dan siapa saja seluruh rakyat Indonesia harus berdiri di Pancasila,” jelasnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close