Lintas Daerah

Heli Bom Air Sulit Padamkan Gunung Sindoro-Sumbing yang Terbakar

SEMARANG, SENAYANPOST.com – Upaya pemadaman kebakaran di Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di Jawa Tengah dengan menggunakan bom air (water bombing) belum dapat dilakukan hingga Jumat (14/9/2018) siang ini.

Helikopter jenis Bolkow 105 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum bisa melakukan bom air, salah satunya karena tidak mampu terbang tinggi.

“Belum. Helinya tidak bisa terbang sampai 8600 meter,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Sarwa Pramana, di kantor Gubernur Jateng, Jumat.

Sebelum melakukan operasi pemadam kebakaran, heli milik BNPB melalukan persiapan untuk mengetahui rute penyelamatan.

Namun diketahui kemudian jika heli belum bisa melakukan operasi pemadaman dengan bom air karena medan yang sulit serta angin yang cepat berubah. Kondisi itu dinilai berbahaya untuk kegiatan penerbangan.

“Kami juga sudah berkonsultasi dengan pihak Penerbad dan tidak direkomendasikan untuk terbang,” ucap dia.

Meski lahan hutan terbakar, BPBD memastikan lahan yang terbakar hanya ilalang, bukan pohon keras. Kebakaran tidak merambah ke pemukiman penduduk yang tinggal di lereng gunung.

“Hanya semak-semak, lahan pertanian tidak kena, kerugian sekarang sekitar Rp 160 juta. Untuk biaya semua ditanggung perhutani dan pemerintah daerah, saya tidak tahu berapanya,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close