Nasional

Heboh Partikel Plastik, BPOM: Air Minum Kemasan Masih Aman

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito  menyampaikan air minum kemasan yang beredar di Indonesia masih aman. Sebab sampai kini belum ada hitungan ambang batas partikel plastik.

Ia menyatakan, penelitian yang dilakukan ilmuwan dari state University of New York, Amerika Serikat tentang partikel plastik di air minum kemasan masih sebatas kajian.

“Tapi apakah kadar tersebut memberikan efek negatif? Toxifitas ke dalam tubuh manusia itu belum ada. Itu yang sekarang sedang dikaji oleh WHO,”tuturnya di Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Ia mengaku mengacu pada standard yang dikeluarkan WHO untuk memberikan izin peredaran air minum kemasan dalam botol plastik. Pihaknya memastikan minuman dalan air kemasan harus mendekatkan pada Standart Nasional Indonesia (SNI). Proses pengujian SNI itu dilakukan sangat ketat.

“Di dalamnya ada kandungan fisiknya, partikular, kandungan kimia, yang kadar sekian adalah maksimum yang dibolehkan. Selebihnya dari itu akan mengganggu kesehatan. Itu ada standartnya, kimia dan baktriologi,” sebutnya.

“Saat ini masih dalam batas aman. Belum ada batasan untuk mikro plastik,” imbuhnya.

Karena penemuan ini baru ditemukan, lebih lanjut yang kita tunggu ialah efeknya sampai sejauh mana kadar dibolehkan ada dan sampai sejauh mana tidak boleh.

“Hidup ini berhadapan dengan banyak resiko, sekarang saja, udara yang kita hirup mengandung mikro plastik dan terkontaminasi di mana-mana. Lalu, sumber plastik itu kan kalau untuk air lebih dari bahan bakunya dari air sungai yang sudah terkena pencemaran plastik yang mengurai misalnya. Semua harus kita uji dulu,” paparnya.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close