Nasional

Haul Gus Dur Digelar di Ciganjur 21 Desember

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Peringatan tahunan atau haul wafatnya KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang ke-9 tahun ini akan diperingati di kediaman Gus Dur di Ciganjur, Jumat (21/12/2018). Haul tahun ini akan mengangkat tema, ‘Yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan’.

Menurut salah seorang panitia kegiatan, Suraji, tema ini terefleksikan dari sepak terjang Gus Dur, terutama saat Gus Dur memilih untuk meninggalkan jabatannya sebagai Presiden Indonesia demi menghindari konflik antara masyarakat.

“Haul Gus Dur tahun ini akan diselenggarakan Jumat tanggal 21 Desember 2018, dengan tema ‘Yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan’. Kami berharap kita semua bisa mengambil pelajaran berharga dari Gus Dur,” kata Suraji dikutip dari NU Online, Rabu (12/12).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan tahunan ini diprediksi akan kembali dipenuhi oleh pengunjung yang terdiri dari berbagai kelas sosial dan kelompok masyarakat yang berbeda-beda.

“Insyallah dalam acara tersebut, para sahabat Gus Dur dari berbagai kalangan agama, kelompok sosial akan hadir meramaikan acara,” katanya.

Suraji menyebut bahwa kegiatan ini akan dihadiri sejumlah tokoh antara lain adalah Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang ,KH Maimun Zubair. Akan adapula penampilan dari musisi seperti Ebiet G Ade dan Grup Gamelan Shalawat Padang Howo dari Pasuruan.

Adapun tausiah keagamaan dalam acara tersebut rencananya akan disampaikan oleh Habib Abu Bakar Al-Athos, Tanah Baru. “Habib Abu Bakar dan Kiai Muda Wahyul Afif Al Ghafiqi dari Bandung,” sebutnya.

Selain itu, akan ada lima pelukis yang akan melukis Gus Dur di lokasi kegiatan. “Rencanyanya hasilnya akan diberikan langsung pada keluarga Gus Dur,” sebutnya.

Kegiatan ini sendiri akan dimulai sejak pagi hari dengan acara hataman Alqur’an. Setelah itu, rangkaian acara akan dilanjutkan hingga selesai.

Haul Gus Dur di Ciganjur ini merupakan salah satu titik penyelenggaraan acara semacam ini.

Selain di Ciganjur acara serupa juga diselenggarakan di berbagai lokasi seperti di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Namun selain diselenggarakan di kedua tempat itu, haul serupa juga digelar oleh para pecinta Gus Dur di berbagai tempat baik di dalam negeri hingga manca negara.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close