Otomotif

Hasil Uji Tabrak Jeep Wrangler 1 Bintang

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Euro New Car Assessment Program (NCAP) telah merilis hasil uji tabrak generasi keempat Jeep Wrangler. Hasilnya, mobil berspesifikasi offroad ini hanya bisa diganjar rating satu bintang.

Mengutip The Drive, hasil tersebut terbilang mengecewakan menurut Euro NCAP. Bahkan Euro NCAP menarik kesimpulan bahwa sistem keamanan Wrangler kurang lengkap untuk jalan raya.

Keluhan terbesar, Wrangler tidak memiliki sistem keamanan aktif dan pasif seperti pengereman darurat otomatis, sistem pantau blind spot, bantuan penjaga jalur, dan lainnya.

“Ini benar-benar mengecewakan untuk melihat mobil baru yang dijual pada 2018 tanpa sistem pengereman otonom dan tidak ada bantuan jalur,” kata Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal Euro NCAP, seperti dikutip dari cnnindonesia.

Di dalam situs Euro NCAP menjelaskan Wrangler yang diuji tabrak merupakan tipe Sahara 4-Door Unlimited produksi 2018. Rating satu bintang disimpulkan dari nilai 19,3 poin (50 persen) pada perlindungan penumpang dewasa, 34,3 poin (69 persen) perlindungan anak kecil, 23,9 poin (49 persen) pejalan kaki, dan 4,2 poin (32 persen) buat bantuan keselamatan.

“Pada tes frontal, koneksi antara pilar A dan penghubung bagian depan rusak yang mengindikasikan struktur tidak bisa bertahan pada beban lebih besar,” jelas Euro NCAP.

Generasi keempat Wrangler yang diperkenalkan global pada awal tahun ini telah meluncur di Indonesia pada pekan lalu oleh Hascar Internasional Motor sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Jeep yang baru.

Wrangler yang ditawarkan Hascar memiliki mesin baru, empat silinder 2.000cc dengan tenaga 270 hp dan torsi 400 nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi delapan percepatan.

Ada tiga pilihan bodi Wrangler yang dijual di dalam negeri, yaitu Sport yang dijual Rp1,19 miliar – Rp1,39 miliar, Sahara Rp1,49 miliar, dan Rubicon Rp1,49 miliar – Rp1,59 miliar. Semua harga yang ditawarkan itu masih off the road.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Hascar selaku Agen Pemegang Merek Jeep di Indonesia untuk meminta pendapat terkait hasil uji tabrak Wrangler. CEO Hascar Ari Utama mengatakan sedang mengoordinasikan hal itu dengan prinsipal Jeep di Amerika Serikat.

“Izin saya sedang konfirmasi ke prinsipal perihal hal ini,” ujar Ari. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close