Politik

Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma’ruf Keluar Paling Lambat Selasa

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis mengatakan, pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin diperkirakan bakal memakan waktu 9 hingga 12 jam.

Tim pemeriksa yang terdiri dari sejumlah dokter umum dan dokter spesialis ini menyebut hasil tes bisa diserahkan ke Komisi Pemiliham Umum (KPU) selambat-lambatnya dua hari setelah pemeriksaan, yakni Selasa (14/8).

Ilham mengatakan pihaknya akan segera menyerahkan hasil tes tersebut usai menggelar rapat pleno pascapemeriksaan terhadap Jokowi dan Ma’ruf Amin selesai dilaksanakan.

“Tim berkomitmen untuk sesegera mungkin menyerahkan kepada KPU setelah melalui rapat pleno. Kewenangan menyampaikan hasil dan keputusan selanjutnya menjadi milik KPU RI,” kata Ilham di, Minggu (12/8/2018).

Ilham juga menyebut pihaknya tak bisa memberikan kesimpulan apapun terhadap hasil tes kesehatan itu.

Nah, lolos atau tidaknya tes kesehatan para bakal calon presiden dan wakilnya sebagai salah satu syarat wajib mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden, sepenuhnya akan ditetapkan oleh KPU.

“Kami hanya menyampaikan hasil tes kesehatan. Bukan memberi kesimpulan, nanti simpulan itu tanggung jawab dan hak KPU,” kata dia.

“Tim menyampaikan temuan-temuan dalam medis. Tim hanya diperintah memeriksa dan menemukan hal-hal berkaitan ketidakmampuan secara medis. Hal itu disampaikan ke KPU untuk pertimbangan lolos atau tidak lolos (sebagai kandidat),” imbuhnya.

Jokowi dan Ma’ruf sendiri hingga saat ini masih menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan. Beberapa tes kesehatan yang telah dijalani keduanya yakni rontgen, cek darah, cek gigi USG, dan cek urin.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close